Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Musibah dan Catatan Akhir Tahun, Sebuah Refleksi Diri

11 Desember 2021   14:09 Diperbarui: 11 Desember 2021   14:24 322 28 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dalam setiap kehidupan, musibah atau ujian merupakan bagian tak terpisahkan dalam diri manusia | ilustrasi : uc.ac.id

"Bahagia dan sedih adalah dua hal yang tercipta untuk saling melengkapi dalam kehidupan manusia, sehingga dalam perjalanannya hidup dan kehidupan itu tercipta proses keseimbangan"

Sejatinya manusia itu selalu menghendaki hidup mereka terisi dengan kebahagiaan, namun hal tersebut sangat imposible, mengapa demikian ? Karena hukum causalitas sudah ditetapkan sejak manusia belum terlahir ke muka bumi ini.

Pada akhir tahun 2021 ini cukup banyak musibah yang terjadi dibeberapa daerah, mulai dari musibah banjir, gunung meletus, sampai pada musibah yang bersifat personal, seperti kecelakaan dan lain sebagainya.

Tentu semua sudah ada garis takdirnya yang sudah tercatat sejak zaman Azali, namun disisi yang lain kita sebagai manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan, bahwasanya kita diperintahkan untuk mengelola hidup dan kehidupan ini dengan sebaik-baiknya, dan janganlah membuat suatu kerusakan yang bisa menyebabkan bencana.

Musibah datang silih berganti, dan menjadi sebuah ujian bagi manusia untuk menyelesaikannya, lantas musibah dan ujian ini sebagai bagian dari peringatan Tuhan untuk menusia, sekaligus sebagai renungan untuk diri kita sendiri, bahwasanya di balik ujian yang diberikan Tuhan, pasti ada hikmah yang mengandung banyak pelajaran, sehingga dengan adanya musibah yang menimpa hidup dan kehidupan ini, sebagai bagian dari proses untuk mendewasakan diri.

Apa yang seharusnya kita lakukan ketika menghadapi berbagai persoalan, cobaan dannujian dalam hidup ini ?

Sabar dalam menghadapi berbagai hal yang sudah ditetapkan oleh Tuhan yang maha kuasa 

Bahwasanya hidup dan kehidupan dimuka bumi ini sebagai sebuah ujian bagi manusia, pasalnya ujian dan cobaan itu sebagai bentuk dan proses untuk mendewasakan diri.

Seringkali kita tidak mampu untuk mengendalikan hawa nafsu kita, dan berambisi dengan begitu kuatnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi Yang ada dalam angan kita.

Yang perlu kita sadari bahwa sejatinya kita sebagai manusia biasa hanya memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkannya, tetapi disisi yang lain ada kehendak Tuhan yang kerap tidak selaras dengan keinginan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan