Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berdikari lewat Media Sosial, Salah Satu Gerakan dan Perubahan Para Pemuda di Tengah IPTEK

28 Oktober 2021   07:52 Diperbarui: 28 Oktober 2021   07:59 131 19 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemuda, salah satu agen of change, tidak hanya bisa melakukan perubahan di dunia nyata, di dunia Maya pun bisa dilakukan |ilustrasi: duniafintech.com

"Hari ini, Kamis 28/10/2021 momentum sumpah pemuda Tempo Doeloe yang cukup sigap untuk melawan, mencegah, dan mengusir para penjajah dari bumi Pertiwi ini. Darah juang yang mendidih dan air mata kepasrahan menjadi semangat gerakan kaum muda untuk segera memerdekakan bangsa ini dari penindasan dan diskriminasi yang kerap menghantui masyarakat Nusantara"

Bahwasanya kita hidup di negeri yang gemah Ripah loh jinawi ini tidak serta merta seperti hari ini. 

Ada perjuangan yang harus meneteskan darah dan air mata dalam rangka mengusir penjajah dan terbebas dari penindasan multikultural.

Begitu besarnya peran pemuda bagi bangsa yang besar ini, sampai presiden Soekarno mengatakan "berilah kami 10 pemuda, niscaya akan ku guncang dunia".

Pemuda sebagai salah ujung tombak perubahan, dengan semangat juang yang tinggi telah mengalami banyak perubahan. Dimana perubahan dari zaman ke zaman yang terus berevolusi hingga sampai saat ini.

Kondisi saat ini, dimana sosok muda yang sudah sangat akrab dengan kecepatan arus informasi dan tekhnologi menjadikan kaum muda harus lebih kreatif lagi untuk menciptakan suatu perubahan.

Perubahan pun bisa dilakukan melalui media sosial dan membangun daya kreatif untuk menciptakan hal-hal yang baru dan bermanfaat.

Perubahan itu bisa dilakukan baik secara personal maupun kelompok | Ilustrasi : dastrayanibibra.net
Perubahan itu bisa dilakukan baik secara personal maupun kelompok | Ilustrasi : dastrayanibibra.net

Situasi dan kondisi hari ini memang sudah zamannya kaum muda mampu menguasai informasi dan tekhnologi sabagai sebuah tuntutan zaman, tentunya kaum muda harus lebih cerdas dan kreatif dalam meningkatkan skill, supaya mampu berkolaborasi dan berkompetisi secara global.

Bagaimana seharusnya kaum muda ini mampu berdikari melalui media sosial ? Maka ada dua garis besar yang harus dipenuhi oleh kaum muda supaya mampu berkompetisi secara global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan