Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Belajar dari Abdul Halim, Menyulap Desa Miskin Menjadi Desa Miliarder

24 September 2021   22:19 Diperbarui: 24 September 2021   22:20 138 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar dari Abdul Halim, Menyulap Desa Miskin Menjadi Desa Miliarder
Bekas galian tambang batu kapur yang di sulap menjadi destinasi wisata setigi di Desa Sekapuk, Gresik | Gambar : kompas.com/ Achmad Faizal 

"Desa Sekapuk kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur, dahulu merupakan desa miskin dan termasuk salah satu desa tertinggal, sehingga dalam kehidupan, kerap terjadi kesenjangan Sosial antar warga"

Jika kita mendengar tentang Desa Sekapuk yang saat ini sudah menjadi Desa Miliarder, tentunya tidak lepas dari sosok Abdul Halim yang di percaya oleh masyarakat menjadi kepala desa Sekapuk sejak tahun 2017 yang lalu.

Abdul Halil merupakan kades yang cukup nyentrik dan asli anak desa Sekapuk, yang memang menjadi tokoh pemuda desa sekapuk.

Desa miskin dan tertinggal itu memang sudah sangat di rasakan sejak dahulu oleh Abdul Halim, sehingga ketika Abdul Halim ini di percaya untuk memimpin dan mengelola desanya yang tertinggal dan sering terjadi kesenjangan Sosial karena memang kemiskinan merupakan problem utama di desa tersebut.

Seorang Abdul Halim yang menjabat kepala Desa Sekapuk Sejak tahun 2017 itu, tidak membutuhkan waktu yang lama, menjadikan desa Sekapuk sebagai desa miliarder.

Desa Miliarder merupakan salah satu desa di Jawa Timur yang juga mulai dilirik oleh banyak wisatawan yang ingin singgah ke Wisata Setigi yang di ciptakan Oleh Kades Sekapuk.

Abdul Halim menciptakan wisata sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakatnya untuk meningkatkan taraf ekonomi rakyat, tentu saja terobosan tersebut membawa hasil yang signifikan dengan membaca peluang dan potensi yang bisa di kembangkan di desa tersebut.

Apa yang bisa di pelajari dari Abdul Halim yang merupakan kepala Desa Sekapuk tersebut ?

Pertama Abdul Halim berupaya dengan keras menata dan merubah maindset masyarakat, dimana masyarakat yang tertinggal dari berbagai aspek, baik itu perekonomian maupun pendidikan, terus di dorong untuk berpikir lebih maju.

Di akui oleh Halim merubah mindset memang tidaklah mudah, bahkan ada banyak gagasan dan terobosan kades tersebut menuai pertentangan oleh warganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan