Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Mengapa Banyak Pejabat Terjaring OTT KPK Akhir-akhir Ini?

20 September 2021   13:39 Diperbarui: 20 September 2021   15:35 142 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengapa Banyak Pejabat Terjaring OTT KPK Akhir-akhir Ini?
Komisi Pemberantasan Korupsi | ilustrasi : tirto.id

"Komisi Pemberantasan Korupsi akhir-akhir ini semakin gencar melakukan razia terhadap penyelenggara pemerintahan, di berbagai daerah pejabat yang terjaring OTT hampir semuanya melakukan penyuapan dan lelang jabatan, Serta Melakukan penggelapan dengan menyalahgunakan kewenangannya sebagai penyelenggara Negara"

Jika sebelumnya Bupati Probolinggo Puput Tantriana terjaring Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, saat ini pun ramai menjadi perbincangan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan terkait dengan kasus penyuapan.

KPK telah menyita sejumlah uang dan dokumen yang di lakukan pejabat itu sebagai barang bukti dan di kembalikan pada Negara.

Meski kasus ini kerap terjadi di Negeri kita dengan beragam bentuk kasus korupsi, tetapi sanksi yang berujung dalam terali besi dan denda ya g diberikan pada pelaku, justru masih belum memberikan efek jera pada pelaku yang lain.

Bupati Probolinggo dan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan hanya sebagian kecil saja yang terjaring dan tertangkap tangan oleh KPK, tentu yang tersembunyi dan masih melenggang dengan rasa percaya diri dan nasib dalam kategori aman, tentu saja masih banyak di negeri ini.

Mengapa banyak pejabat pemerintahan yang terjaring OTT akhir-akhir ini, yang kasusnya hampir sama dan tak jauh berbeda, yakni penyuapan dan lelang jabatan? 

Sekedar analisis sederhana dari penulis, bahwa pejabat yang terjaring OTT KPK akhir-akhir ini, merupakan situasi dan kondisi akumulatif dari perilaku yang terjadi sebelumnya.

Pertama Adanya penyalahgunaan wewenang sebagai pejabat pemerintahan 

Ada pepatah yang mengatakan : "Segenggam Kekuasaan lebih baik dari pada sekeranjang emas" apa maksud dari pepatah tersebut ? 

Kekuasaan yang sudah di raih oleh seseorang, kerapkali membuat lupa, karena sebagai penguasa akhirnya melakukan seni akrobatik dengan menyalahgunakan kekuasaan dan kewenangannya untuk melahap uang negara dengan berbagai bentuknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan