Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Bergerak Dalam Kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Aturan Baru bagi PNS: Bolos Kerja Bisa Kena Sanksi Mulai dari yang Ringan, Sedang, dan Berat

17 September 2021   22:46 Diperbarui: 18 September 2021   00:30 164 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Jokowi Telah meneken PP nomor 94 tahun 2021, tentang kewajiban dan larangan bagi PNS | Ilustrasi : pikiran-rakyat.com

"Aturan baru bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang kewajiban dan larangan yang harus dipenuhi oleh PNS sudah sah berlaku bagi PNS, karena aturan tersebut sudah di teken oleh presiden Jokowi, selasa 31 Agustus 2021"

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan bagi Aparat Sipil Negara, Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru, yakni PP nomor 94 tahun 2021 tentang kewajiban dan larangan bagi ASN yang harus terpenuhi, jika kewajiban bagi PNS tersebut tidak terpenuhi maka sanksi beratnya adalah pemberhentian secara terhormat.

Peraturan pemerintah yang mengatur mengenai kewajiban dan larangan bagi PNS menjadi perbincangan yang cukup viral di media sosial, pasalnya pelanggaran yang dilakukan oleh PNS tanpa adanya alasan dan penjelasan, bisa menyebabkan teekena sanksi berat, yakni pemberhentian sebagai pegawai negeri sipil.

Dikutip dari laman kompas.com, PP pasal 2 nomor 94 tahun 2021 yang berbunyi "PNS wajib menaati kewajiban dan menghindari larangan yang di tetapkan oleh pemerintah, salah satunya adalah bolos kerja secara berturut-turut tanpa ada pemberitahuan dan alasan yang sah, maka akan di beri panisment, mulai dari yang ringan, sedang dan berat.

Sementara itu pada pasal 11 ayat 2 huruf D pada PP nomor 94 tahun 2021 yang berbunyi "Pemberhentian tidak hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara akumulatif selama 28 hari tidak masuk kerja dalam rentang satu tahun, maka bisa terkena sanksi pemberhentian sebagai PNS"

PNS yang diketahui melakukan pelanggaran sebagaimana di atur dalam PP nomor 94 tahun 2021 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maka harus bersiap-siap mendapatkan sanksi sebagaimana telah di atur.

PNS merupakan ujung tombak dalam sistem birokrasi | ilustrasi : inews.id
PNS merupakan ujung tombak dalam sistem birokrasi | ilustrasi : inews.id

Sanksi Ringan 

Sanksi disiplin ringan bagi PNS adalah teguran baik secara lisan maupun tulisan jika yang bersangkutan melakukan bolos kerja tanpa ada alasan yanh sah selama 4-6 hari selama satu tahun.

Sanksi ringan yang berupa teguran baik secara lisan maupun tulisan bagi PNS yang bolos kerja 4-6 hari selama rentang satu tahun, sanksi ringan ini bagi PNS yang bolos kerja tanpa ada pemberitahuan dan alasan yang sah sebagaimana diatur oleh undang-undang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Birokrasi Selengkapnya
Lihat Birokrasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan