Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ini Dampaknya Ketika Orangtua Mendidik Anak dengan Cara Memarahi

27 Agustus 2021   09:24 Diperbarui: 30 Agustus 2021   03:20 2060 31 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini Dampaknya Ketika Orangtua Mendidik Anak dengan Cara Memarahi
Dampak negatif mendidik anak dengan cara memarahi | Ilustrasi: Freepik.com

"Janganlah menjadi orangtua yang konservatif dalam mendidik anak, apalagi mendidik dengan cara memarahi karena anak dianggap nakal dan tidak penurut oleh orangtuanya"

Tidak sedikit kekerasan pada anak baik secara fisik maupun psikis yang menyebabkan perubahan pada pertumbuhan karakter dan mental sehingga anak mengalami perubahan yang negatif.

Terkadang orangtua beranggapan anak yang sering bermain itu merupakan anak yang nakal, sehingga ancaman secara fisik maupun psikis secara spontanitas kerap kali dilakukan oleh orangtua.

Mendidik anak dengan cara memarahi bunkanlah solusi yang tepat, karena anak akan merekamnya dan meniru kebiasaan orangtua yang suka marah-marah. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang kita inginkan sebagai orangtua.

Anak merupakan anugerah dan amanah yang dititipkan oleh yang Maha Kuasa untuk diayomi, dididik, dibimbing, dan diarahkan pada hal-hal yang positif, supaya suatu saat nanti mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, maupun bagi masyarakat.

Oleh karenanya, orangtua harus memiliki pengetahuan dan pendidikan tinggi, yang tidak lain bertujuan dalam rangka mendidik putra-putri mereka dengan baik, sehingga anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan hobi, bakat, dan minatnya dan menjadi manusia yang paripurna.

Di sisi yang lain, seringkali kita melihat orangtua mendidik anak-anak mereka dengan cara memarah-marahi, karena anak sudah dianggap sangat nakal, bahkan kenakalan itu dianggapnya sudah di luar batas.

Orangtua yang tegas pada anak-anaknya itu sangat penting. Namun orangtua yang keras dapat "membunuh" karakter dan mental anak, itu yang sangatlah disayangkan.

Dan orangtua yang memiliki kecenderungan mendidik anak dengan cara memarahi dan melakukan kekerasan fisik, maka pertumbuhan dan perkembangan anak akan cenderung negatif.

Adapun 8 dampak jika orangtua masih mendidik anak dengan cara memarahi, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan