Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Menapaki Jalan Sunyi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Sudah Pensiun, Ini 5 Aktivitas Produktif yang Menarik

8 Agustus 2021   07:00 Diperbarui: 10 Agustus 2021   10:45 955 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sudah Pensiun, Ini 5 Aktivitas Produktif yang Menarik
Ilustrasi pensiun. (sumber: SHUTTERSTOCK/polymanu via kompas.com)

"Kata pensiun, seolah telah menghentikan aktivitas kerja yang hampir setiap hari dilakukan, tetapi pensiun ini umumnya bagi para pekerja kantoran, PNS, dan lain sebagainya" 

Bagi pegawai kantoran, PNS, dan pekerja lain yang terikat dengan kontrak, tentu saja pada akhirnya harus pensiun juga dari pekerjaannya, karena dibatasi dengan waktu.

Para pekerja kantoran maupun pegawai pemerintah, sudah mempersiapkan diri sebelumnya dengan berbagai pilihan pekerjaan produktif dimasa pensiun.

Hal itu menjadi ancang-ancang sedari awal dalam mempersiapkan kegiatan produktif ketika sudah pensiun nantinya.

Tetapi juga tidak sedikit bagi sebagian orang yang sudah pensiun, justru masih kebingunan untuk melakukan usaha produktif, bahkan tidak sedikit pula yang harus kembali mencari pekerjaan baru untuk mengisi kegiatan sehari-hari.

Sejauh ini para pensiunan mayoritas sudah memiliki tabungan yang cukup dan juga sudah mempersiapkan usaha produktif sebagai kegiatan dihari tua.

Ini beberapa aktivitas produktif bagi para pensiunan, sebagai pengisi waktu luang dimasa tua.

1. Berkebun  

Berkebun merupakan salah satu kegiatan produktif dan menarik, dengan memanfaatkan lahan yang tidak begitu luas, berkebun baik menanam sayuran, ataupun fokus pada bunga-bunga yang indah bisa menjadi kegiatan menarik untuk mengisi waktu luang dihari tua.

Bercocok tanam sebagai kegiatan indah, menarik, dan produktif sangat memungkinkan bagi para pensiunan untuk dimulai sedari awal, sehingga ketika sudah pensiun, tinggal melanjutkan usaha produktifnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan