Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Wong Ndeso yang ingin melihat dunia dengan membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Keripik Singkong

6 Agustus 2021   10:44 Diperbarui: 7 Agustus 2021   03:02 285 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Keripik Singkong
Keripik singkong balado.(Dok. Sajian Sedap) 

"Keripik singkong jajanan gurih dan nikmat yang sangat mudah ditemui, baik di pasar tradisional maupun di swalayan terdekat. Karena jajanan yang gurih satu ini, di samping harganya terjangkau juga bisa menjadi cemilan yang lezat dan nikmat"

Di tengah gelombang pandemi covid 19, tidak hanya meruntuhkan aspek kesehatan saja. Namun, perekonomian masyarakat juga kena dampak, sehingga mengharuskan masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan kegiatan di rumah.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ini, mengharuskan kita semua berpikir untuk lebih kreatif lagi, terutama dalam hal perbaikan dan peningkatan pendapatan.

Hakekatnya home industry ini sudah dari dahulu kala digalakkan oleh pemerintah, bahkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sudah banyak mendapatkan bantuan permodalan. Namun karena faktor marketing dan pemasaran yang tidak berjalan dengan baik, menjadikan banyak UMKM yang macet di tengah jalan.

Ada banyak usaha rumahan yang cukup menjanjikan, terutama bagi masyarakat pedesaan yang hidupnya lebih banyak menjadi buruh dan bertani.

Salah satu usaha rumahan yang cukup menjanjikan adalah membuat keripik singkong, yang mana caranya cukup mudah dan bahannya juga tidak begitu sulit.

Bagi masyarakat yang hidup di pedasaan, ada banyak pohon singkong yang setiap saat bisa panen. Jika dilihat peluangnya, singkong dapat menjadi usaha yang menjanjikan dan pasarnya pun cukup mudah, begitu pula dengan konsumen keripik singkong ini yang tiada habisnya.

Untuk melakukan usaha singkong sebagai bisnis rumahan, apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk memulainya? 

Berikut beberapa hal di bawah ini yang harus dipikirkan terlebih dahulu.

Pertama: Niat memulai usaha 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN