Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Wong Ndeso yang ingin melihat dunia dengan membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Tidak Harus Menjadi Jurnalis

11 Juli 2021   21:15 Diperbarui: 11 Juli 2021   21:31 148 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Tidak Harus Menjadi Jurnalis
Ilustrasi : beritagar.com

"Menulis merupakan hobi untuk menyalurkan ide dan gagasan, serta mengeluarkan segala uneg-uneg yang ada di hati dan pikiran, tidak perlu menjadi jurnalis untuk menulis, karena Jurnalistik haruslah memahami tentang ilmu-ilmu jurnalistik yang kemudian mengaharuskan mereka turun lapangan untuk melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi sebagai bahan berita".

Kompasiana yang merupakan media untuk mencurahkan gagasan baik dalam bentuk informasi, tulisan bersifat naratif, berita, cerpen, puisi, bisa di tuangkan di Kompasina yang merupakan platform blog besar, sebagai tempat untuk belajar menulis dan juga mempelajari artikel-artikel dari para orang-orang hebat yang nongkrong di sini.

Para kompasianer yang menorehkan tinta tulisan, merupakan para penulis dari latar belakang yang beragam, mulai dari pengangguran seperti saya, sampai dengan orang-orang kantoran pun bisa menorehkan gagasannya, yang penting sudah memiliki akun tervalidasi.

Kompasiana.com, sebagai media tempatnya orang-orang yang suka dan senang menulis, tentu saja mengharuskan para kompasianer, supaya bisa mempertanggung jawabkan setiap  tulisannya.

Menulis di Kompasiana, tidak harus menjadi seorang jurnalis, mantan jurnalis pun sah- sah saja, jika  berminat untuk berbagi gagasan menarik disini.

Ada banyak manfaat, ketika aktif menulis, terutama di Kompasiana ini, karena memang disini tempat berkumpulnya orang-orang hebat dengan sejuta gagasannya yang bisa saling berbagi, saling mengkritik yang konstruktif, serta saling memberi saran yang bermanfaat.

Karena para kompasianer, menurut saya disamping memiliki banyak gagasan, juga kaya akan pengalaman manis pahitnya kehidupan, yang kemudian bisa di olah menjadi sebuah tulisan untuk di sajikan pada khalayak umum.

Beberapa manfaat menulis di Kompasiana.com, yang bisa kita pelajari dan di ambil hikmahnya adalah :

1. Kompasiana wadah untuk menorehkan gagasan 

Para kompasianer yang nongkrong di Kompasiana ini sudah puluhan ribu, bahkan jutaan orang, dari yang masih junior sampai yang senior semuanya ada disini.

Mulai dari pengangguran, mahasiswa, dosen pencinta literasi, cerpenis dan fiksianis juga ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN