Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Wong Ndeso yang ingin melihat dunia dengan membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Musim Kemarau yang Dingin, Jagalah Keseimbangan untuk Tetap Hidup Sehat

6 Juli 2021   07:17 Diperbarui: 9 Juli 2021   11:49 305 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musim Kemarau yang Dingin, Jagalah Keseimbangan untuk Tetap Hidup Sehat
ilustrasi kedinginan. (via kompas.com)

"Indonesia secara umum ada dua musim yang saling bergantian setiap tahun, yakni musim penghujan dan musim kemarau, yang suhunya cukuplah kontras, dan perubahannya kerapkali membawa suhu yang berbeda bagi kesehatan tubuh, sehingga ketidakseimbangan tubuh menerima perubahan cuaca ini, akan menyebabkan orang mudah sakit".

Musim kemarau, adalah musim yang sangat dingin, terutama di daerah pulau Jawa, dimana perubahan cuaca menjadikan perubahan suhu yang berbeda, dan tentunya akan berdampak bagi kesehatan manusia.

Perubahan cuaca ini bahkan bisa lebih ekstrim, sehingga ketika terjadi perubahan, bisa menyebabkan orang sakit, karena tidak mampu menahan perubahan atmosfer bumi.

Di lansir dari kompas.com, "Saat siang, Bumi sifatnya menyerap (panas). Maka suhu Bumi lebih rendah daripada Matahari. Kemudian pada malam hari, suhu Bumi lebih tinggi dibanding Matahari sehingga panas akan dipancarkan atau dikembalikan lagi ke atmosfer,"

Kondisi dingin ini karena bumi sudah mulai kering dan dan suhunya lebih rendah dari matahari, dan pada malam hari, suhu yang panas di siang hari akan menguap dan terjadi perubahan, sehingga pada malam sampai pagi, kondisinya akan lebih dingin, akibatnya perubahan panas pada siang hari dan dingin pada malam hari.

Pada kondisi seperti ini, banyak orang yang mudah sakit, karena terjadi ketidak seimbangan tubuh, sehingga menyebabkan jatuh sakit, dengan berbagai varian penyakit yang menghampiri.

Baca juga : Menyemangati orang yang sedang sakit, salah satu obat mujarab

Untuk itulah pada musim kemarau yang panas di siang hari, dan dingin pada malam hari, keseimbangan untuk menjaga kesehatan sangatlah penting.

Ditambah lagi dengan situasi pandemi ini, yang kemudian sangat mudahnya orang yang sedang sakit, memunculkan spekulasi terpapar covid 19, sehingga keseimbangan dan kuatnya imun dalam tubuh, tentunya harus di jadikan prioritas untuk tetap beraktifitas, di bawah ini beberapa tips, semoga bermanfaat.

1. Melakukan aktivitas fisik 

Aktifitas fisik cukuplah bagus dan memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Melakukan aktifitas fisik, terutama di pagi hari, dalam situasibyanh dingin, cukup efektif untuk mengusir rasa dingin yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x