Mohon tunggu...
Akhmad Andi N
Akhmad Andi N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNISA Yogyakarta

AP Karyawan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

E-Learning UNISA Yogyakarta Realitas Daring dan Paperless

26 Januari 2022   22:35 Diperbarui: 26 Januari 2022   22:40 80 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

E-Learning UNISA Yogyakarta Realitas Kuliah Daring dan Paperless

Oleh : Akhmad Andi Nugroho (UNISA Yogyakarta, AP Karyawan, 2111001021)

Pengertian E -Learning

E-Learning merupakan segala kegiatan yang digunakan untuk mendukung usaha usaha pengajaran melalui teknologi elektronik (Onno W Purbo,2004). E-Learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar (Michael,2013)

Kelebihan E-Learning

Terpusat pada pembelajaran, model pembelajaran lebih personal dan interaktif, fleksibel dan menyenangkan, pendidikan berkualitas lebih terjangkau, mereduksi dampak lingkungan. Hampir dua tahun perkuliahan di Kampus UNISA Yogyakarta menggunakan sistem daring atau online. 

UNISA Yogyakarta telah mengimplementasi kebijakan kuliah daring sejak awal pandemi dan penghentian sementara perkuliahan tatap muka hingga sekarang. Dosen sebagai fasilitator bagi mahasiswa dalam perkuliahan daring menggunakan perangkat digital yang didukung koneksi internet.

 Dosen menyampaikan materi via zoom, gmeet, atau WA. Dan juga penggunaan media sosial facebook, youtube, instagram, laman web. Dengan rincian materi yang sudah tersaji di E-Learning UNISA Yogyakarta atau Lensa UNISA. Filosofi Lensa = mengumpulkan dan memfokuskan berbagai pantulan cahaya = ilmu, sehingga menghasilkan gambar yang bagus dan jelas = pembelajaran yang sesuai tujuan. 

Website Lensa UNISA Yogyakarta sebagai sarana pembelajaran daring kapanpun dan dimanapun hanya dengan berbekal gawai dan koneksi internet. Materi kuliah, profil dosen, peraturan peraturan, tugas, presensi dan diskusi bisa terintegrasi di website ini. Untuk presensipun mahasiswa sudah menggunakan aplikasi UNISA_SWA Mahasiswa menggunakan QR Barcode dan text.

Banyak kemudahan yang diperoleh mahasiswa untuk keberlangsungan perkuliahan sistem online atau daring terpadu di UNISA Yogyakarta menggunakan aplikasi ini, sebelum ada pengumuman dari Pemerintah kapan dimulainya perkuliahan secara luring atau tatap muka.

Selain Lensa UNISA ada juga Sistem Informasi Managemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT), yaitu sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data menjadi sebuah informasi up date kegiatan managemen dan perkuliahan. Informasi yang berhubungan dengan mahasiswa antara lain proses KRS, penjadwalan kuliah dan perubahan jadwal mandiri, perkuliahan, informasi perpustakaan, keuangan dan tagihan keuangan, dan biodata mahasiswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan