Mohon tunggu...
Akbar Zainudin
Akbar Zainudin Mohon Tunggu... Human Resources - Trainer Motivasi, Manajemen dan Kewirausahaan. Penulis Buku "Man Jadda Wajada". BUKU BARU: "UKTUB: Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari". Ngobrol bisa di Twitter: @akbarzainudin atau www.manjaddawajada.biz

Trainer Motivasi, Manajemen dan Kewirausahaan. Penulis Buku "Man Jadda Wajada". BUKU BARU: "UKTUB: Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari". Ngobrol bisa di Twitter: @akbarzainudin atau www.manjaddawajada.biz

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Guru Mesti Punya Visi dan Target

17 Agustus 2021   06:31 Diperbarui: 17 Agustus 2021   06:46 76 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Guru Mesti Punya Visi dan Target
Hidup harus punya target. Sumber foto: Pixabay

GURU MESTI PUNYA VISI DAN TARGET

(Bagian 4 dari 20 Tulisan untuk Buku Baru saya, GURU HEBAT MAN JADDA WAJADA)

A. IMPIAN BUKAN HANYA UNTUK MURID, TETAPI JUGA GURU

Ada satu tutur kata yang sering disampaikan banyak orang, dan sering kita dengar: "Biarlah hidup mengalir apa adanya. Biarlah angin membawa ke mana kita akan melangkah", dan beberapa kalimat sejenis. 

Saya tidak setuju dengan kalimat-kalimat bernada semacam itu, karena bagi saya, hidup tidak boleh mengalir apa adanya, tetapi harus dialirkan ke tempat yang ingin kita tuju. Hidup harus punya arah, punya impian, punya target.

Jika ada orang yang bertanya, kapankah terakhir kali kita punya impian? Jawaban atas pertanyaan tersebut sangat beragam. Ada yang menjawab saat duduk di Sekolah Dasar, tatkala guru atau orang tua bertanya tentang cita-cita kita. 

Atau mungkin saat duduk di bangku SMA, ketika ibu guru atau orang tua kita bertanya mau jadi apa setelah besar nanti.

Impian itu bisa bermacam-macam sesuai dengan pengalaman, pengetahuan, dan keinginan. Sayangnya, terkadang pertanyaan tentang cita-cita tersebut hanya kita tujukan kepada para siswa atau anak didik kita. 

Sementara kita, para guru, bilamana ditanya mengenai impiannya di masa mendatang, seringkali tidak tahu obsesinya mau ke mana dan menjadi apa.

"Mimpi adalah kunci bagi kita menaklukkan dunia", demikian penggalan syair Nidji dalam album Laskar Pelangi. Tidak bisa dipungkiri, mimpi adalah awal yang baik bagi kita untuk menggapai masa depan yang lebih cemerlang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan