PENDAHULUAN
Pembelajaran Bahasa Indonesia (SD) di sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan membaca, termasuk pra membaca, menyimak dan menulis. Mulai dari siswa kelas 1 1,4 bidang harus dikembangkan. Salah satu hal yang harus ditanamkan adalah cara membaca siswa. 191 cara membaca yang benar untuk siswa kelas 1 adalah dasar dari melanjutkan pendidikan titik namun, keterampilan membaca awal di sekolah dasar tidak menarik perhatian para guru siswa tidak mau membaca dan tidak tertarik membaca titik dalam rangka meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa maka perlu dilakukan berbagai kegiatan pembelajaran dan mengadopsi model pembelajaran cara membaca yang sesuai. Subyantoro (2009: 177) menjelaskan bahwa pemula adalah pembaca yang baru pertama kali membaca atau belajar membaca secara formal Oma pembaca pemula adalah siswa type 1. membaca tidak hanya merupakan aktivitas mata tetapi juga berperan dalam aspek tubuh lainnya.Â
pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peserta didik beserta nikah mulai membaca ciri-ciri