Mohon tunggu...
AKBAR NURFADHILLAH
AKBAR NURFADHILLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa

hidup yang lebih baik adalah memulai dari sekarang jangan nanti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ternak Ikan Cupang Meningkat di Saat Pandemi

19 April 2021   21:52 Diperbarui: 19 April 2021   22:27 61 1 0 Mohon Tunggu...

Ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar dan dapat dijadikan hewan peliharaan di dalam rumah atau bisa juga sebagai hiasan. Ikan cupang memiliki berbagai bentuk hingga warna yang menarik. Ikan cupang memiliki berbagai jenis,  yaitu plakat, halfmoon, double tail, serit,  giant, dan lain-lain.

Ikan cupang dapat dijadikan bisnis masa kini karena terbilang mudah, tidak membutuhkan aquarium yang besar, tidak membutuhkan gelembung udara (Aeratoor). Ikan cupang memiliki harga yang cukup murah mulai dari 10.000 hingga ratusan ribu, tergantung jenis dan kualitas ikan yang diinginkan. Ikan cupang sudah tersebar di berbagai negara seperti di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapore dan berbagai negara lainnya.

Apa aja sih pakan untuk ikan cupang?

Pakan untuk ikan cupang banyak sekali yang menjual jadi tidak usah ragu, pakan ikan cupang yang paling bagus yaitu pakan hidup seperti cacing sutra, cacing darah, dan kutu air. Untuk anakannya dikasih kutu air ketika sudah berumur 4 hari.

Pada tahun 2020 dunia dihebohkan oleh pandemi covid-19, dimana semua kegiatan diluar rumah sekarang dirumahkan seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah, bahkan ada yang terkena PHK oleh beberapa perusahaan. Ketika itu masyarakat bosan dan bingung tidak ada kegiatan lain dan membutuhkan uang tambahan, hingga akhirnya mereka memilih memelihara dan ternak ikan cupang bahkan menjadikannya bisnis kecil-kecilan di rumah.

Sebelum pandemi ikan cupang terbilang sangat sedikit peminatnya, bahkan banyak yang sebelumnya belum mengenal ikan cupang kini selalu mencari tahu, banyak juga anak muda yang mulai berbisnis ikan cupang karena pembelajaran dirumahkan akibat pandemi covid-19.
ikan cupang juga viral hingga muncul di beberapa stasiun TV bahkan banyak selebriti memelihara ikan cupang seperti Gisella, Ashanty, Uya Kuya, Nadine, dan beberapa artis lainnya. Penjual ikan cupang sekarang banyak sekali mulai dari online hingga offline bahkan di jalan banyak juga yang menjual ikan cupang.

Dengan meningkatnya ikan cupang, banyak ikan yang harganya menjadi naik dan kualitasnya juga cukup bagus. Omset yang di dapat dari penjualan ikan cupang ini juga terbilang lumayan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apabila terjual 6 ikan aja udah bisa dapat Rp 2 juta, tergantung ikan dan kualitasnya.

VIDEO PILIHAN