Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan | Best Teacher Kompasiana Award 2022 πŸ†

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Menghitung Ulang Usulan Skema Biaya Haji 2023 agar Proporsional

27 Januari 2023   11:05 Diperbarui: 27 Januari 2023   13:59 751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Para jemaah mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (dari AP via VOA INDONESIA)

"Labbaik Allahuma labbaik",

Β "Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah."

Melaksanakan ibadah haji merupakan penyempurna Rukun Islam. Bahwa Rukun Islam yang kelima bagi seluruh umat Islam adalah menunaikan ibadah haji ke baitullah.Β 

Walaupun ibadah haji dianjurkan bagi orang mampu, tanpa adanya "panggilan Allah SWT" maka ibadah tersebut belum tentu akan dapat dilaksanakan.

Ada hamba yang sudah mampu dari segi finansial, tapi masih enggan untuk mendaftar haji karena belum adanya panggilan atau hidayah dari Allah SWT.

Sebaliknya, walaupun tidak terlalu mampu (kaya raya bergelimpangan harta) banyak diantara hamba-hamba Allah yang hendak segera menunaikan ibadah haji ini.

Oleh sebab itu, banyak umat Islam khususnya di Indonesia yang berbondong-bondong mendaftarkan diri karena jumlahnya yang sangat besar maka itulah yang menyebabkan terjadinya antrean panjang untuk keberangkatan yang menyebabkan masa tunggu hingga puluhan tahun lamanya.

Naik haji bagi umat Islam sejatinya bukan masalah harta melainkan perihal iman. Oleh sebab itu, seberapa kenaikan biaya naik haji --- yang memang selalu naik --- tidak menjadi batu sandungan bagi umat asalkan dapat segera menunaikan ibadah penyempurna ke-Islam-an ini.

Maka hendaknya bila kenaikan biaya untuk naik haji tidak mengalami kenaikan harga yang terlalu tinggi.

Akan tetapi, biaya untuk pelaksanaan ibadah haji 1444H/2023M diusulkan sebesar Rp 69 juta, sedangkan biaya haji naik dari tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 39,9 juta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun