Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Best Teacher Kompasiana Award 2022 | Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Problematika Kelas 1 SD: Siswa Ujian Tapi Belum Mahir Membaca dan Menulis

10 Desember 2022   08:03 Diperbarui: 12 Desember 2022   07:31 1139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa Kelas 1 SD menghadapi ujian pada Semester Ganjil pada Tahun Ajaran pertama (foto Akbar Pitopang)

Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil pada Tahun Ajaran 2022-2023 telah selesai dilaksanakan khususnya untuk jenjang SD di Kota Pekanbaru. Hari ini, Sabtu (10/12) merupakan hari terakhir pelaksanaannya.Β 

Selanjutnya selama seminggu kedepan, guru akan melakukan pemeriksaan lembar jawaban, melakukan penginputan pada aplikasi rapor atau e-raport, serta ditutup dengan pembagian rapor yang direncanakan pada 17 Desember 2022 ini.Β 

Sementara itu dalam waktu seminggu ini bagi siswa yang kemarin sempat berhalangan hadir karena sakit maka mereka dapat mengikuti ujian susulan.

Pelaksanaan ujian merupakan sesuatu yang penting bagi siswa untuk mengukur tingkat ketercapaian pemahaman siswa terhadap materi pelajaran atau konten pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru selama satu semester yang telah berlalu.

Nilai yang diperoleh siswa bisa dijadikan bahan evaluasi tentang bagaimana siswa belajar selama satu semester, selain itu dapat pula menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk memperbaiki kekurangannya seperti tentang strategi mengajar di kelas.

Kali ini, saya akan membagikan pengalaman menarik tentang pelaksanaan kegiatan ujian ini secara istimewa pada siswa Kelas 1 SD.

Bagi Bapak/Ibu guru yang pernah berkesempatan mengajar di Kelas 1 pasti akan merasakan betapa campur-aduknya perasaan guru saat anak-anak yang baru lulus dari PAUD itu melaksanakan ujian.

Kali ini saya akan mengisahkan pengalaman yang sangat berkesan ketika mengawasi dan menuntun siswa Kelas 1 melaksanakan ujiannya.

Bagi siswa Kelas 1 SD, selama satu semester awal semenjak mereka duduk di bangku Sekolah Dasar merupakan momentum untuk beradaptasi mengenai segala sesuatu dan seluk-beluk lingkungan pendidikan yang terjadi di Sekolah Dasar.

Berbeda dengan siswa Kelas VII SMP atau bagi siswa Kelas X SMA yang mana masa pengenalan lingkungan sekolah bisa dipahami dengan mudah dan mereka gampang untuk bisa langsung beradaptasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun