Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Pernah menjadi relawan KSR PMI Jogja, Chief storekeeper di Lombok, Operational-admin staff di MNC Payakumbuh | Pemerhati dunia edukasi, pendidikan agama, parenting dan psikologi anak, sosial budaya dan lifestyle | Bagian dari buku kolaborasi Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pentingnya "Breast Pump" untuk Melancarkan ASI Eksklusif pada Masa Krusial

7 Oktober 2022   15:15 Diperbarui: 21 Oktober 2022   19:19 233 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi alat pompa ASI. (dari Shutterstock via Kompas.com)

Sebagai orang tua yang baru pertama kali memiliki anak pertama memberikan kami pengalaman suka dan duka serta kisah inspiratif yang menurut kami perlu disimak oleh para orang tua lainnya di luar sana.

Disamping itu kami sebagai orang tua yang menetap di perantauan menjadikan momen penyediaan ASI eksklusif untuk buah hati kami menjadi sebuah momen yang sungguh luar biasa dengan segala suka dukanya.

Ada banyak kisah pengalaman terkait upaya pemberian ASI eksklusif untuk buah hati yang akan kami bagikan pada Topik Pilihan yang sangat menarik ini.

Bahwa sejatinya upaya memberikan ASI eksklusif untuk buah hati memerlukan komitmen yang hakiki antara ayah dan bunda.

Ayah memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan stimulasi dari berbagai aspek demi kelancaran proses pemberian ASI eksklusif ini.

Momen yang sangat berharga yang pertama sekali kami alami adalah persis ketika sehari setelah bayi kami lahir ke dunia.

Saat itu sang bunda mengalami demam akibat adanya pembengkakan di bagian payudara untuk mensuplai cairan ASI untuk bayi.

Pembengkakan ini terjadi lantaran ASI yang belum disalurkan kepada bayi. pada kondisi saat itu memang bayi masih belum terlalu banyak membutuhkan ASI padahal kuantitas ASI yang dihasilkan oleh sang bunda cukup banyak.

Akibat tak tersalurkan tersebut, ada istilah pembekuan ASI yang ketika dibiarkan --- tidak diberikan kepada bayi secara langsung maupun tanpa dipompa --- maka akan mengeras dan dapat menyebabkan saluran ASI menjadi tersumbat atau berujung menjadi tidak lancar.

Saat itu kondisi istri cukup mengkhawatirkan dan harus terpaksa menanggung rasa sakit dari dua sumber, selain di bagian dada juga dari rasa sakit pasca operasi caesar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan