Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan | Best Teacher Kompasiana Award 2022 πŸ†

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kesan dan Pesan Pelaksanaan Upacara Bendera di Awal Tahun Pelajaran Baru

19 Juli 2022   00:15 Diperbarui: 20 Juli 2022   08:48 2411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Momen upacara bendera pada Senin 18 Juli 2022, diikuti oleh peserta didik baru pada Tahun Pelajaran Baru (Foto: Akbar Pitopang)

Pertama sekali, mari kita ucapkan selamat datang bagi peserta didik baru ke sekolahmu yang baru.

Hari Senin, 18 Juli 2022 kemarin merupakan minggu efektif kedua setelah sekolah kami memulai hari pertama masuk sekolah pada 11 Juli yang lalu.

Kemudian pada tiga hari berjalan dari 11-13 Juli 2022 sudah dilakukan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sehingga belum sempat dilaksanakan upacara bendera.

Pada pagi Senin kemarin telah dilaksanakan dengan cukup hikmat upacara pengibaran bendera merah putih di halaman sekolah yang diikuti oleh seluruh murid termasuk peserta didik baru.

Bagi peserta didik baru, momen pelaksanaan upacara bendera merah putih tadi pagi merupakan momen yang mungkin selama ini mereka tunggu-tunggu.

Bahwa selama di TK, mereka belum pernah mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang dilakukan di halaman sekolah pagi tadi merupakan upacara bendera yang pertama sekali dilaksanakan setelah memasuki Tahun Pelajaran Baru 2022-2023 ini.

Peserta didik baru yang juga baru perdana mengikuti upacara bendera setelah diterima di Sekolah Dasar (Foto: Akbar Pitopang)
Peserta didik baru yang juga baru perdana mengikuti upacara bendera setelah diterima di Sekolah Dasar (Foto: Akbar Pitopang)

Pelaksanaan upacara bendera pagi ini pun meninggalkan beberapa kesan dan pesan bagi semua pihak dan penting untuk dicermati ulang secara bersama-sama.

Terutama bagi peserta didik baru yang menjadi pengalaman pertama mereka mengikuti upacara bendera ini. Banyak dari peserta didik baru yang belum bisa mengontrol diri dan konsentrasinya selama upacara berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun