Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi - Bagian dari Project Buku Kolaborasi Kompasiana : CINTA INDONESIA SETENGAH dan JELAJAH NEGERI SENDIRI 👍

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Mencermati Efektivitas Mesin Presensi Wajah

27 Mei 2022   00:04 Diperbarui: 27 Mei 2022   02:00 528 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Proses pendeteksian wajah pada mesin presensi wajah (Credit: Monty Rakusen/Getty Images)

Perkembangan teknologi terkini begitu pesat dan sangat luar biasa. Setiap hari semakin banyak saja bermunculan karya inovasi hasil pemikiran manusia jenius di dunia ini.

Kemajuan teknologi telah berpengaruh besar dalam berbagai hal serta dalam berbagai bidang kehidupan. Pengaruhnya seperti pada bidang kesehatan, pemerintahan, pendidikan dan bidang lainnya, termasuk bagaimana cara manusia saat ini merekap data presensi kehadiran. 

Selama ini presensi menggunakan alat finger print sudah berkembang dan banyak yang menerapkannya di berbagai instansi maupun perusahaan. Tapi mari sejenak kita abaikan dulu teknologi finger print ini. Lantaran di masa pandemi alat ini digantikan model pengambilan presensi dengan cara yang berbeda.

Ya, kini presensi kehadiran menggunakan cara berbeda yakni dengan menggunakan mesin presensi wajah. Apakah selama ini Anda sudah pernah melihat atau bahkan memanfaatkannya?

Mesin presensi wajah merupakan sebuah alat berbasis teknologi yang digunakan untuk perekapan presensi atau bukti kehadiran. 

Dengan cara men-scan wajah ke layar atau screen secara benar, maka hasilnya akan dicatat sebagai sekali tanda kehadiran yang langsung tercatat di database.

Sama halnya dengan teknologi finger print, maka mesin presensi wajah ini juga kebanyakan diterapkan di perusahaan-perusahaan, kantor pemerintahan, bahkan sekarang juga sudah banyak diaplikasikan dalam instansi pendidikan.

Sudah banyak institusi yang memanfaatkan kecanggihan mesin presensi wajah ini. Termasuk di dinas pendidikan setempat. 

Penggunaan finger print di dinas pendidikan sudah cukup lama diterapkan. Pemanfaatannya ditujukan kepada para staf dan karyawan di lingkungan dinas pendidikan yang dimaksud.

Segala sesuatu teknologi yang diciptakan oleh manusia pasti ada sisi plus dan minusnya, termasuk dalam penerapan mesin presensi wajah ini. Sisi plus dan minus akan selalu hadir berbarengan. Dalam hal ini kami akan membahasnya dalam sudut pandang yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan