Mohon tunggu...
Akbar Febriyansyah
Akbar Febriyansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa, Photographer, Freelancer

Mahasiswa Akuntansi Syariah yang ingin mulai menulis apapun yang ada di kepalanya

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Perkembangan E-Sport! Bagaimana Pengaruhnya?

19 Agustus 2019   16:06 Diperbarui: 19 Agustus 2019   16:13 0 0 0 Mohon Tunggu...
Perkembangan E-Sport! Bagaimana Pengaruhnya?
Sumber: venturebeat.com

Beberapa waktu lalu e-sport belum dikenal sama sekali, bahkan seperti tidak pernah terdengar. Akan tetapi fenomena ini terus berkembang dan saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang sangat antusias dengan e-sport, khususnya kalangan muda yang merupakan gamers tapi juga tidak jarang dari kalangan tua bahkan presiden dan beberapa jajaran pemerintah pun mendukung e-sport ini.

Lalu apa sih itu e-sport? Kepanjangan dari e-sport yaitu elektronik sport. Definisi elektronik sport itu sendiri adalah olahraga elektronik yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh seorang profesional. Istilah ini digambarkan untuk menggambarkan permainan video game yang bersifat kompetitif. Dan dalam hal ini e-sport merupakan tingkatan yang lebih tinggi jika anda menyukai kompetisi yang berskala besar.
Walaupun demikian e-sport berarti tidak jauh dari main game meskipun banyak yang mengatakan bahwa main game dengan e-sport itu berbeda karena e-sport dikatakan sebagai profesi sedangkan main game itu hanya hiburan. Tapi menurut saya pengaruhnya sama saja, karena kegiatan utamanya yaitu main game. Dan dalam pandangan islam, game hanyalah sebuah sarana hiburan.

Bukannya tidak boleh main game atau hiburan tetapi itu ada batasnya dan tidak boleh sampai berlebihan. Jika sampai berlebihan akan berbahaya, lupa waktu bahkan bisa kecanduan dan juga segala aspek yang dapat dipengaruhi dari kesehatan, moral, psikis, dan lain sebagainya. Kalau kita lihat dengan baik sebagai seorang muslim ataupun akademisi yang cerdas, pengaruh atau dampak merupakan aspek yang sangat dipehatikan karena efeknya jangka panjang.

Dari segi bisnis ataupun penghasilan mungkin e-sport punya keuntungan yang besar bagi beberapa orang dan negara itu sendiri karena fenomena ini sedang hangat dan terus berkembang.Tetapi coba kita lihat beberapa orang lainnya yang hanya bisa melihat, mulai dari anak-anak bahkan balita yang saat ini sudah banyak diberikan gadget oleh orang tuanya yang mungkin mengakses video-video youtuber gamers dan ikut bermain game tanpa tahu e-sport itu merupakan profesi.

Sehingga dengan mudahnya mereka mengatakan dengan dia main game mungkin nanti mereka bisa menghasilkan uang seperti yang dilihat di banyak media. Padahal ada beberapa tahap dan tuntutan yang harus dilalui sebelum itu bisa menghasilkan.Nah, terlepas dari itu semua masih banyak profesi yang mungkin jauh lebih baik dan manfaatnya lebih besar serta dampak negatifnya lebih sedikit. Sehingga jauh dari hal yang dapat membuat kita sia-sia dan tetap selalu berada dalam ketaatan beribadah kepada Allah SWT. Seperti yang kita ketahui dalam surat al-dzariyat ayat 56 yang artinya "AKU tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku".

Demikian beberapa pandangan terkait pengaruh e-sport dalam segalah hal, baik atau buruk.
Wallahu alam bis sowab, Semoga Bermanfaat