Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan tatap muka yang saling berinteraksi, mendengarkan, membuat pernyataan, dan saling membuka. Sensitivitas adalah cara paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat, dan perilaku seseorang dengan efek umpan balik langsung.
Pengertian lain dari komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan seseorang untuk bertukar gagasan dengan orang lain. Atau komunikasi interpersonal adalah salah satu konteks komunikasi di mana setiap individu berkomunikasi dengan perasaan, ide, emosi, dan informasi lainnya melalui konfrontasi langsung dengan orang lain.
Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari komunikasi interpersonal menurut ahlinya.
1. Ronald B. Adler dkk (2009)
Menurut Ronald B. Adler et al. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara dua orang atau antarpribadi dalam konteks.
2. Joseph A. DeVito (2013)
Menurut Joseph A. Devitu, komunikasi interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal antara dua (atau kadang-kadang lebih dari dua) orang yang saling bergantung.
3. Judy C. Pearson dkk (2011)
Menurut Judy C. Pearson et al. Komunikasi interpersonal adalah proses di mana pesan digunakan untuk mendapatkan makna yang sama antara setidaknya dua orang dalam situasi di mana pembicara dan pendengar memiliki kesempatan yang sama.
Tujuan Komunikasi Interpersonal
Terdapat enam tujuan dalam komunikasi interpersonal, antara lain yaitu:
1. Menemukan Personal Atau Pribadi