Mohon tunggu...
Akbar Junaidi
Akbar Junaidi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Unand

Manusia Kampus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perbedaan Gerakan Mahasiswa Tahun 1998 dengan Gerakan Mahasiswa Saat Ini

31 Oktober 2021   17:46 Diperbarui: 31 Oktober 2021   17:49 188 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perebedaan Gerakan Mahasiswa Tahun 1998 Dengan Gerakan Mahasiswa Saat Ini

Gerakan mahasiswa merupakan gerakan sosial sebagai wujud ketidakpuasan pada institusi sosial dan politik masyarakat. Di Indonesia awal gerakan sosial politik terjadi pada masa pra kemerdekaan karena insentif kaum terpelajar. Pada kaum terpelajar ini membuka ruang munculnya kesadaran kolektif sehingga membentuk kelompok masyarakat terdidik dengan makna gerakan sosial politik terhadap penjajahan pada saat itu. Selanjutkan gerakan sosial politik Indonesia berkembang pada gerakan sosial politik pada mahasiswa terhadap kebijakan presiden juga aksi lain dengan tujuannya.

Pergerakan mahasiswa biasanya didasari atas adanya fenomena dimasyarakat yang tidak sesuai dengan kenyataan yang seharusnya terjadi. Seperti, bagaimana pemerintah yang seharusnya mendengarkan rakyat atau menerima masukan dari rakyat apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengeluarkan kebijakan sehingga tidak akan ada kesenjangan sosial. Hal tersebutlah yang mendasari pergerakan mahasiswa dari zaman orde lama hingga reformasi sekarang ini seperti gerakan mahasiswa 1998 dengan gerakan mahasiswa saat ini.

Pada gerakan sosial di Indonesia lebih di dominasi oleh gerakan mahasiswa, hal ini dikarenakan mahasiswa dianggap sebagai agent of change. Berdasarkan penganggapan tersebut menjadikannya dogma mahasiswa untuk ikut andil dalam aktivisme, social control, dan pengabdian kepada masyarakat.

Gerakan mahasiswa biasanya didasarkan oleh substansi, yaitu "apa yang dituntut dalam demonstrasi tersebut". Substansi ini lah yang memunculkan adanya gerakan mahasiswa. Terkait dengan substansi, gerakan mahasiswa tahun 1998 dengan gerakan mahasiswa saat ini memiliki substansi yang berbeda, bukan hanya itu juga ada faktor lain yang membedakannya,

Pada gerakan mahasiswa 1998 merupakan gerakan untuk menggulingkan pemerintahan Orde Baru yang diktator, serta tuntutan adanya persoalan krisis moneter di Indonesia pada saat itu. Tujuan adalah membangun reformasi. Sedangkan gerakan mahasiswa saat ini kebanyakan berupa gerakan kebebasan. Bisa dilihat ketika aksis demo terkait kebijakan RUU KPK, banyak dari poster yang dibawa mahasiswa saat demo lebih mementingkan kebebasan daripada isu-isu terkait pelemahan KPK.

Selanjutnya perbedaan yang sangat signifikan dari gerakan mahasiswa 1998 dengan gerakan mahasiswa saat ini adalah media. Pada saat sebelum teknologi dan informasi mudah didapatkan gerakan mahasiswa masih  sangat sedikit dan tidak bebas. Namun pada saat ini media era digital dengan sosial media yang ada digenggaman informasi mudah tersebar hanya dalam beberapa waktu. Hal ini menyebabkan aksi mahasiswa saat ini mendapat banyak dukungan hingga memudahkan mendapatkan massa akan tetapi karena mudahnya informasi tersebar menjadikan gerakan mahasiswa yang sekarang ini hanya sekedar ikut-ikutan tanpa tahu makna penting dari suatu gerakan sosial. Berbeda dengan gerakan mahasiswa tahun 1998 adalah murni gerakan mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan