Mohon tunggu...
AKBAR
AKBAR Mohon Tunggu... Internet marketing

Hobi menulis hal yang berkaitan dengan internet marketing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cara Mendidik Anak dengan Pola Asuh yang Benar

8 April 2021   23:10 Diperbarui: 8 April 2021   23:12 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mendidik Anak dengan Pola Asuh yang Benar
sumber: ibupediacdn.imgix.net

Menjadi Orang tua bukanlah perkara yang mudah, ada begitu banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Selain sandang, pangan, dan papan, cara mendidik anak pun tak lepas dari peran kamu sebagai orang tua.

Mungkin diluar sana ada begitu banyak buku-buku tentang pola asuh anak yang bisa kamu jadikan referensi. Namun, hal yang harus kamu pahami, tidak semua yang ada di buku parenting bisa ambil dan kamu terapkan untuk mendidik anak kamu. Mungkin saja tidak sesuai dengan value yang kamu anut.

Jadi, penting banget buat kamu sebagai orang tua untuk mengetahui pemahaman dasar mengenai cara mendididk anak, dan pola asuh seperti apa yang harus kamu terapkan untuk mendidik anak kamu.

Pemahaman Mengenai Anak

Apa sih yang harus saya pahami mengenai anak? ya jelas banyak dong. Pertama, hal dasar yang harus kamu pahami mengenai anak adalah, karakter. Dengan memahami karakter si anak, kamu akan lebih mudah menerapkan pola asuh seperti apa yang harus kamu terapin untuk mereka.

Selain itu, yang harus kamu tanamkan pada diri kamu juga adalah dengan menganggap anak kamu sebagai aset, bukan tangung jawab. Kok bisa seperti itu? ya namanya aset sudah pasti dirawat dan di jaga sepernuh hati.

Pola Asuh Seperti Apa Yang Harus Diterapkan Pada Anak?

Seperti point diatas mengenai cara mendidik anak, sebenarnya tidak ada standar yang pas untuk pola asuh anak. karena tidak semuanya karakter anak itu sama, dan value mengenai pola asuh anak pun pastinya berbeda-beda dari semua orang tua.

Jadi, apa yang harus saya lakukan?

Sebagai Orang tua baiknya pahami karakter anak kamu terlebih dahulu, beritahu mereka tentang apa yang boleh, dan apa yang ngak. Selain itu adapun hal mendasar yang mungkin bisa kamu terapkan untuk mendidik anak kamu yaiut:

1. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Kamu sebagai orang paling dekat dengan mereka haruslah memberi contoh yang baik, setidaknya meninggalkan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Karena anak itu akan mencontoh dan melakukan apa yang mereka lihat. Apakah kamu mau anak kamu mengikuti hal buruk? yang pasti ngak, kan.

2. Jangan Terlalu Mendikti Anak

Kebanyakan orang tua menuntuk anak untuk mengikuti apa yang mereka mau, untuk melakukan ini, menjadi seperti, atau "Oh, kamu harus gini, supaya nanti kamu jadi seperti ini". Menurut saya pribadi itu adalah hal yang salah. Mendidik anak bukan juga harus menjadi orang tua yang pendikti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN