Mohon tunggu...
Akbar Tanjung
Akbar Tanjung Mohon Tunggu... Administrasi - Dreams to Plan, Plan to Action, Action to Goal, and Goal to Dreams

Aparatur Sipil Negara

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

G20 Pulihkan Ekonomi Global, UMKM Lokal Siap Go Digital

16 November 2022   14:27 Diperbarui: 21 November 2022   17:15 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi UMKM Digital. (sumber: Pexels.com)

Apa kabar Indonesia? Bangsa dengan sejuta harapan dan kekayaannya. Semoga senantiasa dalam lindungan dan rahmat-Nya. 

Kami percaya, bangsa ini akan terus tumbuh dan berkembang meski berada di tengah ketidakpastian. Krisis ekonomi global yang kian memprihatinkan dan gejolak pandemi masih dalam ancaman, Indonesia harus bangkit, bangkit dan bangkit.

Recover together, recover stronger sebuah optimisme bangsa Indonesia dalam mengembalikan semangat untuk pulih. Sebagai bangsa yang bersatu, kita perlu bahu membahu untuk Indonesia lebih kuat dan maju. Lantas, bagaimana peran pemuda menyikapi hal ini?

Bung Karno pernah berkata “beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Banyak hal sederhana dapat dilakukan dalam memperjuangkan bangsa, tak harus dengan melawan penjajah, cukup dengan aspirasi pemuda. 1000 aspirasi Indonesia Muda sebagai salah satu kontribusi dalam mengambil peran sebagai pemuda. 

Aspirasi menjadi ruang interaksi antara pemuda dengan pemerintah. Aspirasi tidak harus orasi apalagi demonstrasi, tapi bisa dilakukan melalui tulisan yang menggugah hati. 

Jika diberi pilihan, aspirasi apa yang perlu disuarakan, maka sebagai pemuda saya memilih menyuarakan para pahlawan ekonomi. Pahlawan ekonomi itu kami menyebutnya UMKM. UMKM memiliki peranan penting dalam kemajuan ekonomi bangsa.

Kontribusi Presidensi G-20 dalam Pemulihan Ekonomi UMKM

UMKM sebagai pilar perekonomian Indonesia merupakan salah satu yang terdampak akibat pandemi covid-19.  

Meski begitu, keberadaan UMKM diharapkan bangkit kembali, karena UMKM bagian yang tidak terpisahkan dari kemajuan ekonomi. Olehnya itu, tumbuh kembang UMKM menjadi perhatian khusus dalam G-20.

Puncak pertemuan KTT G-20 yang diselenggarakan di Indonesia pada Nopember mendatang jadi momentum penting bangsa Indonesia untuk unjuk gigi, tak terkecuali UMKM Lokal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun