Mohon tunggu...
Amira Khairunnisa Anggasa
Amira Khairunnisa Anggasa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

live to learn

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Tangkis Pandemi Melalui Kesehatan Mental dan Sampah

31 Juli 2021   17:30 Diperbarui: 31 Juli 2021   17:45 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Tangkis Pandemi Melalui Kesehatan Mental dan Sampah
Cuplikan media program (sumber: dokpri)

Bekasi, Kompasiana (30/7/2021) – Sudah kurang lebih satu setengah tahun dunia terjangkit wabah pandemi Covid-19. Hingga saat ini, per 30 Juli di Kota Bekasi sendiri, terdapat penambahan 1217 orang yang dikonfirmasi terpapar Covid-19. Didapatkan 214 orang atau 17,5% diantaranya merupakan warga Kecamatan Bekasi Selatan dimana salah satunya Kelurahan Jakasetia adalah wilayah zona merah (dilansir dari https://corona.bekasikota.go.id/). Data ini menunjukkan bahwa keadaan masih jauh dari kata membaik dan merupakan tugas dari warga untuk berpartisipasi dalam memutus rantai penyebaran virus dengan menjaga diri sendiri.

Pandemi ini menyebabkan banyak aktivitas yang tidak bisa berjalan seperti biasa, salah satunya kegiatan mahasiswa. Sehingga KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020/2021 dilakukan secara “pulang kampung” di lingkungan rumah masing-masing mahasiswa sebagai salah satu cara untuk memenuhi kewajiban namun tetap melaksanakan protokol kesehatan. Program KKN dilaksanakan selama enam minggu dengan tema utama “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (SDGs)”, sehingga dibagi menjadi dua program monodisiplin yaitu program Covid-19 dan program SDGs.

Dalam menangani Covid-19, juga perlu memperhatikan kesehatan mental yang mana merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan menyeluruh dan merupakan komponen penting dari penanggulangan masalah. Kenyataannya, pandemi Covid-19 juga mempengaruhi keadaan mental setiap individu, bukan hanya yang terpapar virus. Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN Undip melangsungkan program kesehatan mental daring melalui Google Meet kepada warga RW 08 Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan.

Dalam pelaksanaan program, terdapat materi berupa penjelasan singkat mengenai kesehatan mental dan belas kasih diri beserta komponennya. Dijelaskan juga contoh kecil untuk menerapkan belas kasih diri dalam bentuk jurnal atau yang biasa dikenal sebagai diary. Dengan belas kasih diri, harapannya individu dapat menumbuhkan mindset yang baik terhadap diri sendiri sehingga dapat terbuka akan permasalahan atau kesulitan yang dialami selama pandemi dan berusaha untuk menanganinya.

Pelaksanaan webinar (sumber: dokpri)
Pelaksanaan webinar (sumber: dokpri)

Selain itu, pandemi juga diikuti dengan meningkatnya sampah rumah tangga yang dihasilkan. Yang jika tidak segera ditangani, pandemi akan memberikan dampak yang luar biasa pada lingkungan dan menghambat tercapainya SDGs pada tujuan 12 yaitu menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Dalam menangani hal ini, mahasiswa KKN Undip melaksanakan program untuk menggerakkan warga dalam pengelolaan sampah. Program ini dilaksanakan secara daring melalui grup WhatsApp warga RW 08 Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan dan luring dengan menempelkan poster serta membagikan disinfektan.

Poster sebagai media utama program ini berisikan penjelasan singkat mengenai perbedaan jenis sampah dan cara mudah mengelolanya. Masker merupakan salah satu sampah B3, terlebih dengan adanya virus Covid-19 yang berbahaya, sehingga diperlukan tindakan khusus sebelum membuang sampah masker. Sebelum dibuang, sebaiknya sampah masker didesinfeksi dan dirusak terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan mengurangi kemungkinan disalahgunakan. Pemasangan poster dan pemberian disinfektan kepada warga dilakukan untuk menggerakan warga untuk sadar dan mulai berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.

Pembagian disinfektan (sumber: dokpri)
Pembagian disinfektan (sumber: dokpri)

Penulis: Amira Khairunnisa Anggasa

DPL: dr. Siti Fatimah, M.Kes.

TIM II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN