Mohon tunggu...
Rahmad Agus Koto
Rahmad Agus Koto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Entrepreneur

Aku? Aku gak mau bilang aku bukan siapa siapa. Terlalu klise. Tidak besar memang, melalui niat dan usaha, aku selalu meyakini bahwa aku selalunya memberikan pengaruh yang baik kepada lingkungan alam dan lingkungan sosial dimanapun aku berada.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ini Aplikasi Kamera yang Saya Gunakan untuk Hasil Jepretan Terbaik

25 September 2018   03:26 Diperbarui: 25 September 2018   03:33 1752
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Google Play Store ada banyak sekali aplikasi kamera ya. Tidak tahu berapa persis banyaknya, puluhan mungkin juga ratusan, entah juga lebih. Tidak mungkin kita menghabiskan waktu untuk mencobanya satu per satu bukan? Baiklah di sini saya mau berbagai pengalaman soal Smartphone Photography ini.

Fotografi merupakan hobi yang paling kuminati, hobi yang telah kutekuni selama hampir dua dekade. Sebagian besar koleksi foto-fotoku kuperoleh dengan menggunakan smartphone.

/dokpri
/dokpri
Sebelum kita lanjutkan, apa yang kita jadikan sebagai parameter aplikasi kamera yang terbaik? Berikut ini tiga parameter utamanya: Sedikit banyaknya fitur-fitur fotografi beserta keistimewaannya, desain tampilan aplikasi yang menarik dan navigasi atau penggunaan fitur yang mudah (user friendly).

Ada empat aplikasi kamera android premium yang pernah saya beli dari Play Store berdasarkan hasil review dari situs-situs fotografi yang terkenal, yaitu A Better Camera, Cameringo+, Camera Zoom FX, dan Camera FV-5.

Sedangkan aplikasi free atau open source yang pernah saya gunakan yaitu Open Kamera dan Camera MX. Selain itu saya pernah juga mencoba belasan aplikasi kamera bawaan dari berbagai merek smartphone.

/dokpri
/dokpri
Secara keseluruhan, semua aplikasi tersebut sangat menarik, semuanya adalah yang terbaik, nah lho? :D Saya tidak mau menjelaskan masing-masing aplikasi secara mendetail, karena menurutku sih ya sama saja.

Untuk disimpulkan sendiri mana aplikasi yang benar-benar terbaik, saya sekarang lebih menyukai menggunakan aplikasi bawaan smartphone.

Hal yang sangat wajar, di mana pembuat smartphone tentunya akan memaksimalkan dan atau menyelaraskan kemampuan kamera dengan aplikasi bawaannya sendiri.

Hanya satu kekurangannya, jika memang disebut sebagai kekurangan ya, yaitu tampilannya yang agak kaku.

Okelah, jika saya dipaksa untuk menyarankan, saya cenderung menyarankan aplikasi Camera FV-5.

Tampilan Camera FV-5/dokpri
Tampilan Camera FV-5/dokpri
Tampilan Aplikasi Camera FV-5/dokpri
Tampilan Aplikasi Camera FV-5/dokpri
Aplikasi kamera terbaik tidak menjamin bagusnya kualitas karya fotografi yang kita buat. Jika mengetahui dan memahami benar prinsip-prinsip fotografi, aplikasi yang biasa saja bisa saja menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Aplikasi terbaik ini sifatnya hanya untuk mempermudah kita untuk memperoleh karya fotografi yang terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun