Mohon tunggu...
Rahmad Agus Koto
Rahmad Agus Koto Mohon Tunggu... Praktisi Mikrobiologi

Aku? Aku gak mau bilang aku bukan siapa siapa. Terlalu klise. Tidak besar, tapi aku punya pengaruh. Memberikan pengaruh kepada komunitas sosial dimanapun aku berada.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tiga Biksu Myanmar, Pahlawan Muslim Rohingya

7 Juni 2015   08:10 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:18 1465 2 0 Mohon Tunggu...

27 May 2015 yang lalu, U Withudda (Kepala Biara Yadanar Oo di Meiktila), U Seindita (Pendiri Asia Light Foundation di Pyin Oo Lwin) dan U Zawtikka dari Biara Oo Yin Priyati di Yangon, menerima World Harmony Award dari Parliament of the World’s Religions dalam acara "Oslo Conference to Stop the Systematic Persecution of Burma’s Rohingya" yang diadakan oleh Norwegian Nobel Institute dan Voksenaasen Conference Center.

Penghargaan tersebut diberikan atas upaya mereka dengan mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan lebih dari seribu orang Ummat Muslim saat terjadi kerusuhan di Myanmar tahun 2013.

Imam Malik Mujahid, Kepala Parliament of the World’s Religions menyebutkan bahwa Biksu-biksu yang sangat luar biasa ini menentang persepsi bahwa seluruh Biksu Buddha mendukung kekerasan terhadap Rohingya.

Peserta konferensi tersebut berasal dari 16 negara. Diantaranya Aktivis Rohingya, Biksu Buddha, Pendeta Kristen dan Pemimpin Islam dari Myanmar, yang bersatu untuk mendesak diadakannya aksi internasional untuk menyelesaikan persoalan ini.

Semoga harapan atau tujuan para peserta konferensi tersebut beserta seluruh orang yang turut prihatin terhadap permasalahan yang sangat memprihatinkan ini bisa segera terwujud.
 

[-Rahmad Agus Koto-]

Sumber

Parliament of The World's Religion

Irrawaddy

VIDEO PILIHAN