Rahmad Agus Koto
Rahmad Agus Koto Bioentrepreneur

Aku? Aku gak mau bilang aku bukan siapa siapa. Terlalu klise. Tidak besar, tapi aku punya pengaruh. Memberikan pengaruh kepada komunitas sosial dimanapun aku berada.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hobi dan Karakteristik Pribadi

30 September 2013   20:33 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:10 4457 11 11
Hobi dan Karakteristik Pribadi
13805503741103328214

[caption id="attachment_269449" align="aligncenter" width="512" caption="Ilustrasi Jenis-jenis Hobi - .docstock"][/caption]

Seperti yang telah kita ketahui bersama, hobi adalah kegiatan-kegiatan khusus yang kita senangi dan sering kita lakukan, sebagai salah satu cara untuk memuaskan diri, menenangkan diri dari rasa bosan atau stres akibat dari kegiatan rutin yang kita lakukan setiap hari, sebagai sarana bernostalgia, mengeksplorasi dan mengekspresikan kemampuan diri.

Hobi yang kita pilih merupakan refleksi dari karakteristik pribadi (personality).

Dr. David Keirsey (1921-2013), psikolog lulusan Claremont Graduate University yang berasal dari Oklahoma, membagi aspek psikologis personal (temperamen) manusia menjadi empat tipe yaitu Guardian, Artisan, Idealist dan Rational.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan Keirsey melalui bukunya "Please Understand Me" yang dipublikasikan pada tahun 1978.

Pembagian ini tidak bersifat kaku, karena pada dasarnya setiap orang memiliki semua tipe ini, hanyasaja ada karakteristik tertentu yang menonjol dan menjadi cirikhas masing-masing tipe.

Berdasarkan konsep Keirsey tersebut, Ashley Schaeffer, kontributor eHow yang sedang mengambil program master psikologi di California Institute of Integral Studies, memaparkan bahwa kita bisa mengetahui tipe diri kita melalui hobi yang kita pilih, yang selanjutnya bermanfaat dalam memilih karir yang sesuai dengan diri kita dan membantu untuk membina hubungan sosial yang baik.

Guardian

Orang yang memiliki tipe ini suka bekerja keras, bersifat praktis, dan selalu menanggapi dengan serius beban tanggungjawab yang sedang dipikulnya. Bertukang, fotografi, membangun model adalah beberapa contoh hobi tipe Guardian.

Artisan

Tipe ini memiliki jiwa seni yang menonjol dan kreatif. Tipe ini biasanya menyukai mendengar dan memainkan alat musik, melukis, mendesaian pakaian, memasak dan berkebun.

Idealist

Tipe ini sangat menyukai atau fokus pada peningkatan kualitas diri dan dunia pada umumnya, visionaris, tekun menelaah makna kebenaran dan kehidupan. Tipe Idealist memiliki hobi membaca cerita misteri, psikologi dan keadilan sosial, menulis dan memprediksi suatu peristiwa.

Rational

Tipe yang lebih mengutamakan logika daripada perasaan, sangat menyukai atau terobsesi dengan iptek. Hobi tipe ini biasanya senang mengutak-atik peralatan elektronik dan mekanik, bermain sudoku dan catur.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Salam Hangat Sahabat kompasianers...

[-Rahmad Agus Koto-]

Sumber: Keirsey, eHow