Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Bola Itu Bundar, Bukan Peang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

https://gonjreng.com/

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Fabiano Caruana Menang, Tantang Juara Dunia?

27 Maret 2018   06:25 Diperbarui: 27 Maret 2018   11:54 1445 2 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fabiano Caruana Menang, Tantang Juara Dunia?
Sumber gambar: chess24.com

Pecatur Amerikat Serikat Fabiano Caruana menang dan memperoleh satu poin berharga setelah mengalahkan Levon Aronian di babak ketigabelas turnamen catur Berlin Candidates dini hari tadi (27/3/2018), sekaligus mengambil alih pimpinan klasemen sementara dari pecatur Rusia Sergey Karjakin.

Bermain dengan buah catur putih, Fabiano Caruana mengakhiri perlawanan Levon Aronian pada langkah 39 dalam pertarungan Pembukaan Spanyol atau Ruy Lopez.

Levon Aronian pada langkah 26 sudah kalah satu perwira Gajah dengan kompensasi 2 bidak putih, dan analisis komputer mengatakan Fabiano Caruana menang atau unggul mutlak posisi buah caturnya di sini. Namun pertandingan kembali menjadi seru setelah pecatur Amerika Serikat ini melakukan langkah lemah 29. Ne3 yang membuat keunggulan posisi buah caturnya pun menjadi tipis saja.

Tapi kembali analisis komputer mengatakan Fabiano Caruana menang setelah Levon Aronian melakukan langkah blunder 31...e4?

Pengorbanan sebuah Benteng pada langkah 39. Rxh6+ mengakhiri pertandingan di babak ketigabelas ini, dan Fabiano Caruana tinggal selangkah lagi menantang juara dunia Magnus Carlsen di London pada November 2018 nanti.

Berikut ini sekilas jalannya pertandingan antara Fabiano Caruana dan Levon Aronian di babak ketigabelas turnamen catur Berlin Candidates yang berakhir dini hari tadi.

Diagram catur setelah langkah 31:

Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
 
  • Rh1 ..... Rd6
  • Bxe4 ... Rg8+
  • Kf1 ...... Ne5
  • Qf4 ...... c6

Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
 
  • axb5 ...... Rg5
  • bxa6 ...... Qd8
  • f6+ ......... Ng6
  • Rxh6+ 1-0

Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
Fabiano Caruana Menang (chess24.com)
 

Fabiano Caruana menang di babak ketigabelas, sementara pimpinan klasemen sementara sebelumnya Sergey Karjakin hanya bermain remis melawan Wesley So, begitu juga partai lainnya antara Ding Liren dan Vladimir Kramnik, sementara pecatur Azerbaijan Shakhriyar Mamedyarov yang menelan kekalahan di babak keduabelas mampu bangkit dan mengalahkan lawannya pecatur Rusia Alexander Grischuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN