Politik Pilihan

Pernyataan Amien Rais Ini Benar dan Layak Didukung

9 Maret 2018   05:49 Diperbarui: 9 Maret 2018   07:07 739 15 13
Pernyataan Amien Rais Ini Benar dan Layak Didukung
Sumber gambar: kompas.com

Pernyataan Amien Rais ini benar?

Pernyataan Amien Rais, Ketua Majelis Kehormatan PAN belakangan ini dinilai cukup kontroversial jika menyangkut pemerintah atau Presiden Jokowi.

Sebagian pihak tidak setuju jika pernyataan Amien Rais tadi dinilai cenderung negatif. Hal yang biasa dan wajar saja di negara demokrasi jika Amien Rais atau warga negara lainnya melontarkan kritik kepada pemerintah atau Presiden Jokowi.

Namun sebagian pihak lagi bersikukuh dan mengatakan Amien Rais bukannya mengkritik, tapi asbun (asal bunyi) saja. Beda antara kritik dan asbun.

Apakah pernyataan Amien Rais kali ini benar atau asbun?

Menurut Amien Rais, PAN tidak akan mendukung Jokowi sebagai capres pada Pilpres 2019, dan menutup kemungkinan untuk itu. Rupanya Amien Rais pun tidak setuju dengan wacana politik kocak ala Srimulat "Jokowi Capres Tunggal Pilpres 2019".

Ia pun mengaku sudah bertemu dengan pimpinan Partai Amanat Nasional, dan partainya siap berkompetisi dengan partai politik pendukung Jokowi.

"Yang jelas, saya sudah ketemu pimpinan PAN, tidak mungkin mendukung yang ada sekarang ini supaya timbul kompetisi," begitu pernyataan Amien Rais di sini.

Ya, pernyataan Amien Rais tadi benar! Tanpa kompetisi atau persaingan, maka hidup ini pun akan terasa hambar dan menjemukan. Bukan hanya di bidang politik saja yang butuh kompetisi atau persaingan tadi, juga di bidang lainnya.

Tak perlu mengingatkan dan mengatakan "persaingan yang sehat" seperti yang biasa diucapkan oleh sebagian pihak penganut paham "teletubbies romantis melankolis".

Tanpa disebut pun persaingan itu memang sehat, kecuali bagi mereka para teletubbies yang takut bersaing atau berkompetisi. Maunya berpelukan terus dan cipika-cipiki, kemudian bersembunyi di balik frasa "persaingan yang sehat".

Pernyataan Amien Rais tadi benar! Semoga saja didengar oleh pihak-pihak yang berkepentingan sama dan juga direalisasikan, bukan hanya asbun (asal bunyi).

Maka dari itu, silakan Amien Rais, PAN, dan parpol lainnya (jika memang ada) mengusung pasangan capres idaman hati, sekaligus menghapus wacana politik kocak ala Srimulat "Jokowi Calon Tunggal Pilpres 2019".

Hidup tanpa kompetisi atau persaingan ibarat sayur busuk kurang garam.