Mohon tunggu...
Ang Johan Nicholas
Ang Johan Nicholas Mohon Tunggu... Pelajar

Kunci kesuksesan adalah the key of success.

Selanjutnya

Tutup

Humor

Ketika Janin Menjadi Kunci untuk Hidup Lebih Lama

15 Mei 2019   22:52 Diperbarui: 4 September 2019   22:23 25 0 0 Mohon Tunggu...

Pada suatu siang di tengah langit mendung, terlihat Jamil sedang santai duduk di warteg langganannya sambil menyruput secangkir kopi hangat kesukaannya. Tak lama kemudian, datanglah seorang gadis muda cantik yang lalu duduk di sebelahnya. Jamil memandang gadis tersebut dengan terbengong-bengong. Kemudian, mereka mulai berbincang-bincang, kurang lebih seperti ini isi pembicaraan mereka.

“Wow! Setelah lama ga ketemu, kamu makin cantik dan awet muda deh, Rosalinda.”

“Ihh… Mas Jamil bisa aja deh. Masa sih, mas?”

“Iya, beneran! Emang Rosalinda ngapain aja sih sampai bisa secantik dan awet muda gini?”

“Ihh…Rosalinda jadi malu, nih. Jadi gini mas, bulan lalu aku memutuskan buat ngejalanin terapi stem cell. Katanya, terapi stem cell manjur untuk membuat wajah jadi makin cantik dan awet muda . Akhirnya, aku ikutan dong. Lagian, harganya cuma dua ratus juta kok.”

“Hah? Cuma dua ratus juta? Yang bener aja lu! Eh, ngomong-ngomong, stem cell itu apaan yah?”

***

Sebuah intermezzo yang menarik. Belakangan tahun ini, kata stem cell atau sel punca cukup marak berkeliaran di pemberitaan media nasional maupun internasional. Salah satu yang terhangat adalah seorang artis yang rela merogoh kocek hingga dua ratus juta rupiah demi sekali suntik stem cell. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan stem cell?

Sederhananya, stem cell merupakan sel yang istimewa dengan kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel lainnya mulai dari sel darah hingga sel otak. Dalam beberapa kasus, stem cell juga mampu memperbaiki jaringan yang rusak. Kemampuan unik tersebut ada sebab mereka merupakan sel-sel yang belum terspesialisasi.

Dalam kondisi tertentu, stem cells mampu membelah untuk membentuk lebih banyak sel yang dinamakan daughter cells. Sel anak atau daughter cells dapat mengalami pembaharuan menjadi stem cells baru ataupun mengalami spesialisasi menjadi sel dengan fungsi khusus, seperti sel otot, sel darah, sel otak, dll. Hal inilah yang menjadi keistimewaan yang hanya dimiliki oleh stem cells.

Stem cells dibagi menjadi empat golongan berdasarkan asalnya, embryonic stem cells, adult stem cells, induced pluripotent stem cells, dan cord blood stem cells. Sel punca embrionik atau embryonic stem cells dikembangkan dari embrio yang berusia empat sampai lima hari setelah fertilisasi in-vitro. Pada tahap ini, embrio dinamakan sebagai blastosis yang memiliki sel sejumlah sekitar 150. Sel-sel punca embrionik bersifat pluripotent yang berarti mereka mampu berubah menjadi hampir semua jenis sel manusia lainnya. Sifat unik ini ada sebab tugas sel punca embrionik sejatinya adalah membangun setiap organ dan jaringan selama perkembangan awal embrio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x