Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Professional

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menyulap Tembok dengan Mural Media Belajar

19 November 2019   10:00 Diperbarui: 19 November 2019   11:00 0 14 3 Mohon Tunggu...
Menyulap Tembok dengan Mural Media Belajar
Sumber : Suara.com/Mural pembelajaran anak di Pademangan, Jakarta Utara (Instagram)

Melukis mural ditembok dengan grafiti atau lukisan ala Pop Art, atau juga sesuai dengan event tertentu semisalnya saat Asian Games 2018 lalu, adalah hal yang biasa.

Karena pada dasarnya seni mural (mural art) itu dilakukan atas dasar spontasnitas, tapi ada juga yang dikonsep sesuai dengan kebutuhan lingkungan disekitarnya.

Para seniman mural pada umumnya memanfaatkan berbagai fasilitas disekitar jalanan, seperti misalnya tembok-tembok sepanjang jalan, tangga, bahkan dinding rumah yang dianggap sebagai objek untuk menumpahkan kreativitas.

Seni mural kalau dikonsep dengan baik, dan diselaraskan dengan lingkungan dimana ekspresi itu dituangkan, akan menjadi sesuatu yang menarik pandangan mata, tidak semata-mata hanya menggambar dinding aka kadarnya.

Seniman mural juga harus memiliki kepekaan estetik yang bagus, agar apa yang dituangkan bernilai seni, dan membuat Indah lingkungan sekitarnya. 

Berikut ini saya akan berikan beberapa contoh karya seni mural, dari kota dengan seni jalanan/mural yang terindah didunia.
Tapi sebelumnya mari kita dulu karya seni mural anak bangsa yang sangat kreatif. 

Kalau biasanya kita banyak melihat tembok-tembok yang menjadi korban aksi vandalisme, tapi berbeda sekali dengan ini.

Diluar dugaan, seni jalanan yang ada diwilayah Jakarta Utara ini sama sekali berbeda. Tembok-tembok di sepanjang jalanan dihiasi mural dengan materi pendidikan yang sangat bermanfaat.

Sumber: Suara.com
Sumber: Suara.com
Ini bukan saja kreatif, tapi memberikan wawasan pendidikan kepada anak-anak disekitarnya. Mural itu pun tidak dikerjakan dengan asal-asalan, tapi dengan sangat teliti dan sempurna.

Mural dimanfaatkan sebagai media belajar bagi anak-anak. Pada tembok tersebut digambar mulai dari deretan huruf hijaiyah, nama-nama hewan berikut dengan gambar hewannya hingga perkalian 1 sampai 10.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x