Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Freelancer - Professional

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tantangan Menulis Semakin Berat, tapi Aku Suka

31 Oktober 2019   15:14 Diperbarui: 1 November 2019   10:07 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kadang membaca artikel utama K'ners Aku begitu tertantang, tapi apa daya kemampuanku yang memang terbatas. Bisa jadi K'ners yang artikelnya sering menjadi artikel utama sudah tahu persis seperti apa artikel yang layak jadi artikel Utama.

Tapi aku suka tantangan, dan Aku juga harus bisa meskipun itu berat. Disinilah pembuktian, bahwa jam terbang bukanlah ukuran. Meskipun aku sudah menginjak tahun ke 9 di Kompasiana, tapi tetap saja kalau artikelnya sampai jadi artikel utama hanya karena faktor keberuntungan.

Padahal, sebetulnya aku tidak terlalu percaya dengan apa yang dinamakan keberuntungan. Dari beberapa artikelku yang menjadi artikel utama, yang bisa aku fahami adalah, pembahasan atau ulasan haruslah maksimal, dan memang sesuatu yang dituangkan atas dasar keseimbangan.

Apa yang disampaikan bersifat objektif, dengan maksud ingin memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya kepada pembaca. Juga imformasi yang diberikan adalah sesuatu yang memberikan manfaat.

Padahal aku tahu itu, tapi tetap saja artikelku tidak selalu bisa seperti itu. Nah disinilah perlunya konsistensi, dan itulah yang tidak aku miliki. Kadang aku terlalu dipengaruhi keinginan membuat artikel yang berorientasi pada viewer. Padahal itupun selalu meleset dari ekspektasi.

Kadang aku merasa perlu menulis setiap hari meskipun miskin apresiasi, karena dengan terus menulis aku bisa terus berinteraksi dengan K'ners, setidaknya bisa mengambil pelajaran dari tulisan-tulisan K'ners. Meskipun ada rasa malu kalau muncul setiap hari di Kompasiana.

Magnet untuk terus menulis di Kompasiana itu besar sekali, minimal satu hari aku harus posting satu tulisan. Itupun sudah diselingi dengan postingan di Facebook. Padahal aku pernah berhenti lama menulis, mungkin ada sekitar dua tahun.

Aku baru menulis lagi di Kompasiana kalau tidak salah ditahun 2017, itupun tidak tiap hari posting. Tapi sejak tahun 2018, setiap hari aku selalu posting tulisan. Sekarang ternyata tantangannya lebih berat.

Dengan predikat Centang Biru, aku harus bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, karena admin tetap membuat artikelku sebagai artikel pilihan. Itu adalah apresiasi yang harus aku pertahankan, jangan sampai masuk Artikel pilihan, tapi artikelnya tidak pantas dilebel pilihan.

Itulah yang membuat aku suka, meskipun diberikan tantangan dan beban yang berat. Tujuannya jelas, agar aku tidak memposting artikel sembarangan. Bagaimana dengan K'ners semua, apakah juga merasakan hal yang sama.?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun