Mohon tunggu...
Nathanegara
Nathanegara Mohon Tunggu... Professional

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kalau Ini Terjadi, Sandiaga Uno "Menang Banyak"

18 Oktober 2019   14:16 Diperbarui: 18 Oktober 2019   14:36 471 11 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Ini Terjadi, Sandiaga Uno "Menang Banyak"
Foto: Jpnn.com

Beruntunglah Sandiaga Uno, setelah berjibaku dan kalah di Pilpres, Partai Gerindra tidak ingin tenggelam begitu saja. Dengan segala perhitungan dan kalkulasi politik yang matang, akhirnya Prabowo dan Gerbong partainya berlabuh di Koalisi Pemerintah.

Bergabungnya Gerindra dengan Pemerintah, jelas berdampak juga pada Sandiaga, yang baru saja mengikrarkan diri kembali ke Partai Gerindra. Ini sebuah momentum penting yang tidak akan disia-siakan Sandi.

Safari politik yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto belakangan, adalah upaya untuk meyakini apakah Gerindra bisa diterima Partai koalisi pendukung Pemerintah.

Disamping ini juga menjajaki apakah ada peluang bagi Gerindra untuk bisa mendapatkan jatah kursi Menteri. Meskipun secara prinsip, Gerindra bergabung dengan pemerintah dengan membawa konsep.

Namun konsep tersebut tidak berarti hanya sebatas gagasan, dalam implementasinya juga dibutuhkan untuk menempatkan pelaksana gagasannya dari Partai Gerindra. Inilah yang sedang terus dilobi Prabowo.

Prabowo sendiri secara terang-terangan melalui juru bicaranya pernah mengatakan, menolak jika diberi posisi sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Prabowo merasa lebih Pas jika ditempatkan sebagai Menteri Pertahanan.

Jelas permintaan Prabowo tersebut perlu dipertimbangkan Jokowi dan Partai koalisi pendukungnya. Dan Jokowi menawarkan tiga posisi Menteri bagi Gerindra, yakni Menteri Pertanian, BUMN atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menjelma menjadi Kementerian Investasi.

Pada posisi inilah dianggap ada peluang Sandiaga Uno untuk masuk dalam jajaran Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Itu kalau seandainya Gerindra mendapatkan lebih dari satu kursi Menteri.

Disamping itu, kalau seandainya Prabowo pun masuk dalam Kabinet Jokowi, apakah itu diposisi Menhan atau Menko Polhukam, maka kemungkinan besar Prabowo akan melakukan regenerasi kepemimpinan Partai.

Bisa jadi Sandiaga akan mempunyai peluang besar untuk menggantikan posisi Prabowo. Semua tergantung peta politik 2024, kalau seandainya Prabowo memposisikan diri sebagai 'King Makers', dan tidak mengikuti lagi kontestasi Pilpres 2024.

Gerindra artinya Akan mengusung Sandiaga Uno sebagai Capers, bukanlah Anies Baswedan. Apalagi berkoalisi dengan PDI Perjuangan, yang akan menempatkan Prananda Prabowo sebagai Cawapresnya, tentunya dukungan terhadap Gerindra akan lebih kuat lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x