Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Professional

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Halalbihalal Tokoh Nasional dalam Imajinasi

8 Juni 2019   11:38 Diperbarui: 8 Juni 2019   11:54 0 2 1 Mohon Tunggu...
Halalbihalal Tokoh Nasional dalam Imajinasi
Foto: Karya Adalah Doa (Instagram/karyaadalahdoa)

Ini sebuah karya seni yang luar biasa, yang mengimajinasikan Pertemuan para Tokoh Nasional, dalam rangka merayakan hari lahirnya Bung Karno. Illustrasi ini sudah mewakili sebuah Narasi tentang kerukunan Nasional, ditengah-tengah kebutuhan terjadinya rekonsiliasi untuk mempererat Persatuan dan kesatuan bangsa.

Seperti yang dilansir Detik.hot, "6 Juni adalah hari lahir sang presiden pertama di Indonesia. Sosok presiden yang menghidupkan etika bernegara untuk menjadi contoh pada penerusnya. Salah satu warisannya adalah bagaimana Soekarno mengadopsi tradisi Indonesia setiap Idul Fitri yaitu silaturahmi untuk bisa menyatukan bangsa dalam kondisi politik yang panas," tulis Karya Adalah Doa, Sabtu (8/6/2019). 

Dalam illustrasi ini digambarkan, ada Megawati, Jokowi, SBY, Tri Soetrisno, BJ Habibie, KH.Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla, bahkan dibagian terdepan ada Ibu Sinta Nuriyah Abdurahman Wahid (hanya terlihat ujung kepalanya).

Inilah suasana yang dinanti-nantikan oleh masyarakat, sayangnya dalam illustrasi ini tidak dihadirkan juga Prabowo Subianto, pastinya sang Illustrator punya alasan tersendiri tidak menghadirkannya dalam illustrasi yang sangat imajinatif ini.

Suasana lebaran dan halalbihalal di hari raya Idul Fitri 2019 terlihat dalam ilustrasi terbaru ciptaan Karya Adalah Doa. Para tokoh politik Indonesia berkumpul untuk memeriahkannya. Inilah suasana yang ingin digambarkan Illustratornya. Selain itu juga ingin menyampaikan pesan:

"Cara ini untuk mendamaikan elit politik untuk saling bermaaf-maafan. Inilah cara Indonesia yang masih relevan sampai sekarang ini," tulis Karya Adalah Doa lagi.

Semoga apa Yang ingin disampaikan Sang Illustrator pesannya bisa sampai pada para Tokoh yang ada dalam illustrasi tersebut, bisa memberikan Inspirasi bagi banyak orang. Suasana seperti inilah yang dibutuhkan bangsa sekarang ini, mempertahankan keutuhan dan kerukunan bangsa.