Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Professional

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Misteri Seputar Supersemar dan Supertasmar

11 Maret 2019   07:01 Diperbarui: 11 Maret 2019   08:31 0 12 7 Mohon Tunggu...
Misteri Seputar Supersemar dan Supertasmar
Foto : Tribunews.com

Bukan hanya keberadaan Supersemar yang menjadi Misteri, tapi Supertasmar pun menjadi Misteri. Tidak banyak yang mengetahui kalau Presiden Soekarno pernah mengeluarkan Surat Perintah Tiga Belas Maret, atau yang dikenal dengan Supertasmar.

Supertasmar ini dikeluarkan Soekarno untuk mengoreksi penyalahgunaan wewenang Soeharto terhadap Supersemar, Soeharto sudah bertindak melebihi wewenangnya. Supertasmar dikeluarkan selang selisih dua hari setelah Supersemar ditanda tangani.

Seharusnya Supersemar itu bersifat administratif/teknis, dan tidak politik. Soeharto juga diminta untuk segera memberikan laporan kepada Presiden. Namun yang terjadi dalam pelaksanaannya, Soeharto dianggap salah interpretasi karena telah membubarkan Partai Komunis Indonesia.

Rupanya usaha Presiden Soekarno mengeluarkan Supertasmar tersebut sia-sia, karena tidak digubris sama sekali. Seperti yang dilansir Kompas.com,

Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Asvi Warman Adam, mengatakan, Soekarno berusaha menyebarkan isi Supertasmar ke publik. Namun, upaya itu gagal.

"Hanafi disuruh untuk menghubungi beberapa orang dan menyebarkan surat untuk membantah Supersemar. Namun, dia tidak punya jalur lagi," tutur Asvi saat ditemui Kompas.com, Minggu(6/3/2016) pekan lalu.

Hanafi sempat menghubungi mantan Panglima Angkatan Udara, Suryadharma. Namun, Suryadharma mengaku tidak lagi punya saluran untuk menyebarkan surat perintah baru dari Presiden Soekarno itu.

"Pers pun tidak mau memberitakan," tutur Asvi Warman.

Soeharto tidak hanya membubarkan PKI, tapi juga sudah berusaha untuk membungkam media. Begitu cepat Soeharto bertindak, hanya dalam tempo tiga hari, semua situasi sudah dibawah kekuasaannya, padahal wewenang seharusnya tidaklah demikian.

Polemik seputar Supersemar ini memang terus menjadi Misteri. Mulai dari soal prosesi penandatanganan Supersemar sampai apa isi Supersemar yang sesungguhnya, karena memang Supersemar itu menjadi tonggak sejarah lengsernya Presiden Soekarno dari kekuasaannya.

Itulah kenapa Supersemar menjadi sangat penting, sehingga sampai sekarang apa isi Supersemar yang sesungguhnya menjadi Misteri. Yang menjadi pertanyaan masyarakat tentang isi Supersemar tersebut, kok diterjemahkan sebagai penerimaan mandat kekuasaan oleh Soeharto, apakah benar isinya seperti itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x