Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Freelancer - Professional

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Dugaan Jokowi Akan Mudah Dikalahkan, "Terpatahkan"

20 Februari 2019   23:26 Diperbarui: 20 Februari 2019   23:39 980 22 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jujur saja saya sangat tersugesti oleh ucapan para elite Politik, yang menganggap Pak Jokowi bisa dipermalukan saat Debat Capres II, sehingga saya tidak berminat sama sekali untuk menonton tayangan langsungnya. Tak sanggup rasanya saya melihat Pak Jokowi dipermalukan diarena Debat.

Saya menghibur diri saja, dengan meyakini bahwa Pak Prabowo tidaklah akan berbuat seperti itu. Tapi keputusan saya sudah bulat, saya tidak akan tonton acara debat tersebut, saya cuma memantau lini masa Facebook saja.

Ternyata di Facebook sudah ramai membicarakan situasi debat yang sedang berlangsung. Untuk menghilangkan rasa penasaran, saya berusaha untuk mencari tayangan live streamingnya via smartphone, saya hanya kebagian sesi debat yang membahas sumber daya alam dan  lingkungan hidup.

Saya sangat menikmati suasana debat Capres kedua ini, agak kaget juga awalnya melihat kesederhanaan penampilan pak Jokowi, tapi saya ingat, bahwa posisi beliau dalam debat tersebut hanyalah sebagai Capres, jadi wajar saja kalau penampilannya yang sangat sederhana.

Sangat berbeda dengan penampilan Pak Prabowo, dengan stelan jasnya, beliau terkesan sangat elegant. Memang penampilan adalah Cermin kepribadian, seperti yang kita tahu, pak Jokowi pribadinya memang sangat sederhana, berbanding terbalik dengan pak Prabowo.

Diluar ekspektasi saya, ternyata kemampuan pak Jokowi dalam menjawab setiap pertanyaan, beliau sangatlah menguasai permasalahan yang menjadi materi debat, karena memang materi pertanyaannya adalah sesuatu yang sudah dia lakukan dan sedang dikerjakannya.

Sementara Pak Prabowo sebagai lawan tandingnya, disamping memberikan pertanyaan seputar apa yang sudah dikerjakan, juga cenderung memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dikerjakan pak Jokowi, padahal banyak peluang baginya untuk menyanggah, bisa jadi Pak Prabowo sendiri kurang memiliki hapalan data, khususnya tentang kebakaran hutan yang disampaikan pak Jokowi.

Melihat performa pak Jokowi dalam hal menjawab setiap materi pertanyaan, yang tidak seperti debat pertama, dimana setiap pertanyaan sudah ada bocorannya, sama sekali tidak ada halangannya. Dugaan elite politik sebelumnya  Terpatahkan, mereka menduga debat tanpa kisi-kisi, Jokowi akan keteteran, dugaan mereka ternyata salah.

Pak Jokowi sangat menguasai panggung debat, hampir semua materi pertanyaan, bisa dia jawab dengan lugas dan tegas. Itulah kelebihan Pak Jokowi, yang selama ini terjun langsung, dalam setiap eksekusi pekerjaan dilapangan, mengawasi langsung, dan tahu segera apa yang menjadi kendala, sehingga bisa lebih cepat diatasi.

Itulah pentingnya seorang Pemimpin yang tidak cuma menerima laporan bawahannya, sehingga dia mengerti persoalan, dan tahu cara mengatasinya. Coba kalau Jokowi cuma duduk manis dibelakang meja, dan waktu luangnya cuma dihabiskan di lapangan golf, mungkin dia cuma tahu hasil berdasarkan laporan bawahannya saja.

Artikel ini tidak ingin lagi membahas polemik lahan yang dikuasai Prabowo, karena hal itu sudah dikonsumsi publik, dan viral dimedia sosial. Dari sisa sesi debat yang saya saksikan lewat live streaming di smartphone, saya hanya ingin mengatakan, bahwa Pak Jokowi Tampil sangat prima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kotaksuara Selengkapnya
Lihat Kotaksuara Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan