Ajinatha
Ajinatha profesional

Pengembara didunia Literasi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Agama Dilapak Loak

20 September 2018   07:38 Diperbarui: 20 September 2018   08:58 311 6 2
Agama Dilapak Loak
Foto : Pixabay.com

Semasa kecil aku begitu kagum terhadap sosok K.H.Agus Salim, dengan segala performanya. Lantas aku Juga kagum terhadap isi kepala Hamka, yang bukan cuma Agama isinya.

Sekarang ketika agama aku temui dilapak loak, sama seperti halnya jubah-jubah murahan yang bisa dibeli siapa saja, dan dipakai siapa saja. Sehingga seketika setiap orang bisa terlihat seperti ulama, bisa mendadak menjadi Ulama.

Murahkah Agama jadinya, ? Tidaklah. Tuhan tidak menciptakan produk murahan. Tapi produk Tuhan didagangkan dengan Cara murahan, oleh orang-orang yang sudah dikuasai syahwat Kekuasaan.

Mungkin suatu saat kita akan menemukan Agama tergolek dalam selokan. Agama sudah tidak dipakai lagi untuk memperbaiki Akhlak. Inilah sebagian besar tanda-tanda akhir jaman. Orang-orang hanya menganggap Agama sebagai mainan, bukanlah keyakinan.

Dimimbar-mimbar orang-orang tidak lagi sungkan menista orang lain, meninggikan diri sendiri sebagai manusia yang Paling alim. Sementara menjaga lisanpun dia tidak mampu, tapi merasa sebagai seorang Empu.

Lagi-lagi aku bilang ini tanda-tanda akhir jaman, dimana manusia diperlihatkan wujud aslinya. Yang munafik diperlihatkan kemunafikannya. Yang benar pun akhirnya akan diperlihatkan kebenarannya.