Mohon tunggu...
Nathanegara
Nathanegara Mohon Tunggu... Professional

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sepuluh Cara Membuang Pikiran Negatif

26 Oktober 2015   16:24 Diperbarui: 26 Oktober 2015   18:42 190 6 4 Mohon Tunggu...

[caption caption="gambar : www.akuinginsukses.com"][/caption]

Mencari kesalahan jauh lebih mudah daripada melihat kebenaran, karena untuk mencari kealahan cukup dengan menggunakan subjektivitas, sementara untuk melihat kebenaran dibutuhkan kearifan dan kebesaran jiwa, juga objektivtas untuk melihat kebenaran secara hakikat. Sedikit sekali orang yang mau menggunakan objektivitas berpikir untuk melihat kebenaran, makanya bagi orang yang malas untuk berpikir secara benar lebih cenderung subjektif dalam menilai.

Kecenderungan melihat sisi negatif dari sebuah kebenaran, akan menggiring seseorang kearah pemikiran yang negatif. Jika kecenderungan ini terus dipelihara, maka akan berdampak kepada pola berpikir, dan hal tersebut akan berpengaruh kepada interaksi dalam kehidupan sosial. Orang-orang yang demikian ini kurang disukai dalam pergaulan.

Kecenderungan selalu berpikir negatif jelas akan sangat merusak pikiran dan menimbulkan penyakit hati. Banyak faktor yang menyebabkan kecenderungan seperti itu, salah satunya adalah lingkungan, lingkungan selalu berpikir dan membicarakan hal-hal yang negatif akan sangat mempengaruhi kita untuk selalu berpikir negatif.

Intinya,berpikir negatif itu lebih mudah ketimbang selalu berpikir positif. Padahal berpikiran positif itu lebih sehat. Bagaimana caranya supaya selalu berpikiran positf? dibawah ini ada 10 cara untuk membuang pikiran negatif dari Huffingtonpost;

1. Latihan bersyukur

Ingat semua hal baik yang Anda miliki, buat segalanya menjadi mudah, jangan fokus pada apa yang tidak Anda miliki. Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki daripada berkutat dengan kekurangan Anda.

2. Kelilingi diri dengan orang yang mendukung Anda

Salah satu hal yang bisa meminimalisir pikiran negatif adalah adanya dukungan dan dorongan dari orang yang bisa melihat sisi terbaik dari Anda yang akan membantu Anda melihat apa yang terbaik bagi diri.

3. Hidup ini bukan drama

Hindari teman yang berpikir negatif dan katakan selamat tinggal pada pacar yang membuat Anda lemah. Minimalkan energi negatif di lingkungan Anda merupakan prasyarat untuk mengatasi hal negatif dalam pemikiran Anda.

4. Menjadi tanggung jawab

Biasanya Anda berpikiran negatif karena selalu berpikir Anda adalah korban. Padahal dari sisi lain, Anda bisa mencoba bertanggung jawab dari segala risiko yang bisa membuat Anda bisa menjadi bahagia. Bentuk pikiran Anda setiap harinya walaupun mingkin kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi.

5. Ubah pikiran Anda dari "tidak bisa" menjadi "bisa"

Ini salah satu latihannya, ubah struktur kata negatif menjadi positf (dari mengapa saya selalu buruk dalam ujian kimia, tidak bisa diharapkan, tapi aku tahu ujian selanjutnya akan lebih baik") ini adalah kunci dari persepsi tidak bisa menjadi bisa. Kondisi ini untuk bisa melihat kesempatan dan lihat apa yang tidak ada sebelumnya.

6. Menjadi orang baik

Buat diri Anda menjadi lebih baik dan saling memaafkan akan membantu Anda menjadi lebih santun dan ketika teman Anda memaafkan itu akan menjadi motivasi positif ke depannya. dan jika Anda percaya karena hal tersebut bisa saja terjadi.

7. Temukan titik/garis abu-abu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x