Mohon tunggu...
Dayangsumbi
Dayangsumbi Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Komedi yang gak bisa komedi

Penikmat Musik, Filsafat

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Sejarah Internet dari Timur ke Barat dan Barat ke Timur

5 Agustus 2021   17:54 Diperbarui: 5 Agustus 2021   17:56 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Internet dari Timur ke Barat dan Barat ke Timur
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Perkembangan ilmu pengetahuan makin hari makin canggih saja, ada yang bilang bahwa ini adalah puncak peradaban manusia, tapi bagi saya belum. Kenapa ? karena masih banyak rahasia pengetahuan Tuhan yang belum terbukti atau diaplikasikan dikehidupan manusia.

Banyaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan merupakan sebuah jawaban untuk mencari jawaban dari rahasia Tuhan dan filsafat adalah ilmu pengetahuan untuk mengkorelasikan semua ilmu yang ada.

Semua hal yang ada didunia ini merupakan sebuah pengembangan atau bahasa kerennya adalah ATM (amati, tiru, modifikasi) dari alam semesta, lewat pikiranlah semuanya dimulai, mengamati dan terus menyelidiki gejala-gejala yang ada di alam raya ini, sang guru besar manusia dan pemilik institusi ini adalah Tuhan.

Internet merupakan sebuah teknologi yang baru terwujud atau dapat diaplikasikan oleh manusia pada abad 21 ini, tetapi jangan lupa bahwa jauh sebelum itu ada seorang filsuf yang memikirkannya, yaitu Ibnu Rusyd.

Dalam filsafat klasik ibnu rusyd, seorang filsuf dan pemikir dari andalus yang kita kenal dengan nama averroes, yang hidup 1126 – 11 Desember 1198, menyampaikan bahwa setiap rasio manusia saling terhubung satu sama lain lalu, entah bagaimana dia bisa sampai pada kesimpulan seperti itu, yang pasti dia mengamati dan menyelidiki. Dalam filsafat tersebut puncak hierarki keterhubungannya ada pada Tuhan, tapi, eksperimen ini baru dalam sebuah pemikiran saja.

Namun, orang barat mengaplikasikannya supaya dapat dijelaskan secara lebih rasional, eureka, internet. Internet merupakan pengetahuan abad 21, hal ini nampaknya hasil adopsi pemikiran ibnu rusyd tentang pengetahuan Tuhan. Dalam internet hierarkinya adalah device - Server - router - Cloud. Hal ini jarang sekali dibahas di bangku-bangku kuliah.

Yang dijelaskan dalam kuliah hanya sebatas tentara Amerika yang melakukan penelitian dan uji coba hal ini, padahal jauh sebelum itu orang dulu membicarakannya, memang orang dulu sakti-sakti.

Fantasi tentang benda terbang seperti tongkat mak lampir, memindahkan barang dari 1 tempat ketempat lain, nampaknya tidak akan mustahil, cuma kita manusia belum sampai pada tahap merasionalkan itu.

Hal-hal tradisional dalam timur ataupun dunia belahan lain selalu dibuat menjadi canggih dan rasional dimata orang-orang barat, ilmu titen contohnya menjadi ilmu semiotika, jangan-jangan adanya radio dan televisi adalah hasil dari merasionalkan kehebatan-kehebatan orang-orang dulu yang padahal tidak masuk akal ya.. seperti melihat kabar dari tempayan wkwkwk.

enkripsi/enigma dalam ilmu kriptografi sebuah ilmu tentang kerahasiaan data, pun diambil dari surat menyuratnya al kindi, seorang filsuf yang lahir pada tahun 801-873, kepada kelompoknya supaya tidak terbaca oleh orang sembarangan, akhirnya lagi-lagi dipelajari barat dan eureka jadilah ilmu kriptografi.

Mungkin saja jauh sebelum al kindi, bisa jadi loh ya!, dijelaskan dalam buku homo sapiens bahwa homo sapiens dapat menempati hampir seluruh belahan dunia karena dapat memberi pesan yang tak dapat dimengerti oleh jenis manusia-manusia lainnya. Kita tahu bahwa ada beberapa jenis manusia pada zaman dahulu kala, atau dapat kita kenali yaitu manusia purba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN