Mohon tunggu...
Aji Cahyono
Aji Cahyono Mohon Tunggu... Akun ini sebagai reflektif imajinatif seorang penulis

Jika ada seorang pemimpin yang benar, maka ikutilah!!! dan jika seorang pemimpin yang salah, maka luruskanlah!!! #kutipanabubakarasshidiq

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Agama Islam sebagai Alat Pengkapitalisasi bagi Umat

27 April 2018   09:56 Diperbarui: 27 April 2018   10:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Agama Islam sebagai Alat Pengkapitalisasi bagi Umat
Dokpribadi

Agama dalam segi bahasa yaitu A = Tidak dan Gama = Kacau, Agama merupakan wadah untuk menampung umat yang mempercayai dengan adanya Tuhan agar tidak tersesat dan terjerumus dalam pemahaman yang bersifat negatif. Agama mempunyai peran penting dalam menjaga dan membentuk perdamaian dunia. Karena dengan Agama manusia hidup dalam ketenangan dan ketentraman, sedangkan Islam berasal dari Salama = Selamat.

Secara hakikatnya bahwasanya Agama Islam merupakan Agama yang selamat dan rahmatan lil alamin, bukan Sebagai alat pengkapitalisasi umat manusia  melalui  yang merupakan Para tokoh ulama memperkaya dirinya sendiri dengan melalui dakwah, memberikan kepastian hukum dan memberikan bantuan hukum secara Islami dengan cara tidak mematok harga yang selangit. Maka dari itu penghisapan uang dari umatnya merupakan suatu perkara yang perlu dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, Tuhannya orang Islam. Para tokoh ulama jangan memberikan doktrin-doktrin yang bersifat meracuni umat dengan melakukan hal yang seperti itu. 

Dan salah satunya kita semua menjadi seorang kader GmnI yang berwilayah terutama UIN/IAIN/STAIN atau kampus-kampus Swasta dan negeri lainnya bahwasanya, mengingat bahwa Marhaenisme merupakan  ideologi dan azaz perjuangan untuk memberikan kontribusi dalam memperjuangkan kaum -kaum marhaen melalui Pendekatan-pendekatan yang bersifat Agamis, memberikan pemahaman - pemahaman Agama bahwasanya dalam suatu konsep Gotong-royong yang baik hasil pemerasan pancasila, trisila yang masih belum di maknai secara luas, dengan melakukan seperti itulah maka Ibadah Muamalah akan terjadi, dan menurut orang Islam menyakini bahwa malaikat Raqib yang ditugaskan oleh Allah untul mencatat amal baik. 

Dan tugasnya sebagai anggota maupun kader GmnI Uinsa harus sadar dan taat bahwa Allah tidak menyarankan kepada Umatnya yang menjadi khalifah (Wakil Allah) untuk tidak mengkapitalisasi masyarakat dalam penghisapan uang. Dan ideologi - ideologi GmnI perlu adanya implementasi yang konkret dan realistis melalui Pendekatan-pendekatan prakwsis dan pendekatan psikis.