Mohon tunggu...
Aji NajiullahThaib
Aji NajiullahThaib Mohon Tunggu... Pekerja Seni

Hanya seorang kakek yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Edi Dharma, Kartunis Indonesia Asal Jambi, Menang Kontes Kartun di Rumania

5 Juni 2020   08:22 Diperbarui: 5 Juni 2020   10:07 119 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edi Dharma, Kartunis Indonesia Asal Jambi, Menang Kontes Kartun di Rumania
Tangkapan layar dari akun Facebook Edi Dharma

Dalam sebuah Event Kontes Kartun Internasional dengan Tema RHUBARB instead of...anything, yang berlangsung pada 15 - 30 Mei, di Rumania, Edi Dharma Kartunis Indonesia asal Jambi, memenangkan pemilihan terbuka lewat voting, dengan mengalahkan puluhan finalis lainnya dari beberapa negara di dunia.

Berdasarkan wawancara penulis via aplikasi WhatsApp dengan Edi Dharma, yang menarik dari kontes ini melibatkan publik untuk menvote nilai 30% dari publik, dan 70% dari juri..kemenangan adalah komulatif dalam penilaian.

Tangkapan layar dari akun Facebook Edi Dharma
Tangkapan layar dari akun Facebook Edi Dharma

Dari hasil vote keseluruhan, Edi menempati ranking pertama dengan mengantongi 5166 vote. Dengan demikian Edi berhak menjadi pemenang kontes, dan mendapat kan hadiah uang 500 Euro, pemenang kedua 300 Euro, dan pemenang ketiga 200 Euro.

Raburbara yang menjadi Tema Kontes, adalah merupakan tumbuhan alami di daerah Rumania dan Eropa. Tumbuhan ini sejenis sawi atau genjer yang biasa tumbuh secara alamiah pada musim dingin, dan dikonsumsi untuk penambah darah dan stamina khasiatnya.

Rabarbura juga adalah simbolik atau identik keberadaan nya baik sejarah dan ekologi di daerah Transviliana (Rumania,)

Dengan mengikuti tema ini maka para kontestan mengekspresikan karyanya yang beragam, dan tentunya kontestan yang berhasil memvisualkan karya kartun yang sesuai dengan tema tersebut, akan menjadi pilihan juri, disamping juga dari hasil penilaian terbuka dari publik.

Menurut penulis, kebetulan memang memiliki background pendidikan seni rupa, dan biasa mengamati karya-karya seni rupa, karya Edi Dharma sangat mewakili tema kontes dibandingkan karya-karya kontestan lainnya, karena karya kartun Edi mampu memberikan pesan yang diharapkan.

Berdasarkan penjelasan Edi Dharma tentang makna simbolik dari karya kartunnya, "Kalo intinya gambar saya itu...pada saat ini rabarbura tumbuh subur..tapi suatu saat bila terjadi perubahan iklim dan kerakusan manusia tumbuhan akan langka..makanya mesti dijaga dan dibudidayakan kelestarian nya".

Berikut penulis lampirkan tiga pemenang yang penulis terima dari Edi Dharma via WhatsApp,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x