Travel

Menelusuri Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat

11 Juli 2018   13:13 Diperbarui: 11 Juli 2018   19:48 314 1 0
Menelusuri Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat
dokumentasi pribadi

Halo! Saya akan bercerita sedikit tentang Tugu Khatulistiwa yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu wisata yang ada di Kota Pontianak. Tugu Khatulistiwa tepatnya berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kalimantan Barat. 

Tugu Khatulistiwa selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang dating ke Kota Pontianak. Mulai dari masyarakat yang sedang berolahraga, jalan santai, ataupun untuk berfoto. Selain itu, Tugu Khatulistiwa juga dijadikan tempat untuk acara-acara.

Di dalam area monument Tugu Khatulistiwa ini terdapat catatan sejarah pembuatan Tugu khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa Pontianak dibangun pada tanggal 31 Maret 1928 oleh Tim Ekspedisi Geografi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda, yang dilakukan secara Astronomi, artinya bahwa pengukuran yang mereka lakukan tanpa menggunakan alat yang canggih seperti Satelit atau GPS, mereka hanya berpatokan pada garis yang tidak rata atau bergelombang, serta berpatokan pada benda-benda alam seperti rasi bintang.

Di area Tugu Khatulistiwa ini, kita juga dapat melihat secara langsung Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Tugu Khatulistiwa, untuk saat ini tidak dikenakan biaya masuk, terkecuali parkir. Jika sedang jalan-jalan ke Kota Pontianak tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Tugu Khatulistiwa.