Mohon tunggu...
Ajeng Kania Trisnawati
Ajeng Kania Trisnawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tematik UPI 2021: Menciptakan Media Pembelajaran Inovatif untuk Menarik Minat Anak

27 Juli 2021   19:40 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:42 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program pembelajaran pada jenjang TK/PAUD merupakan layanan pendidikan yang menyediakan sarana dan prasarana bermain untuk anak usia dini. Karena pada dasarnya anak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran melalui bermain, hal itu dapat merangsang otak kiri anak untuk menemukan kreativitasnya. Terdapat beberapa program pembelajaran di PAUD, salah satunya bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Pada program pembelajaran ini sekolah menyediakan media pembelajaran, atau yang sering disebut dengan alat permainan edukatif, dimana media pembelajaran yang variatif menjadi salah satu aspek yang dapat menstimulus pengetahuan dan tumbuh kembang anak. Peran orang-orang yang berada di sekitar anak, terutama orang tua, keluarga, dan tenaga pendidik sangat berpengaruh untuk mendukung pembentukan pengetahuan dan karakter pada anak. Maka dari itu, penguatan pembelajaran dengan media pembelajaran yang inovatif sangat penting bagi tumbuh kembang anak usia dini.

Apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, menjadi tantangan baru bagi tenaga pendidik dan orang tua yang harus siap menerapkan pembelajaran daring untuk sementara waktu, dan harus dapat bekerjasama untuk tetap memberikan pelayanan pembelajaran yang optimal. Namun pada kenyataannya, sulit untuk beberapa lembaga pendidikan khususnya lembaga TK/PAUD untuk menerapkan pembelajaran daring, karena pada dasarnya yang telah dijelaskan diatas bahwa program pembelajaran yang diterapkan di PAUD adalah bermain, dimana anak usia dini mendapatkan pengalaman dan pembelajaran melalui interaksi secara langsung. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, sebetulnya dapat memudahkan kita dalam menyediakan media pembelajaran yang inovatif meskipun dilakukan secara daring. Dengan memberdayakan teknologi seperti aplikasi dan media sosial, kita dapat belajar, mencari tutorial, membuat dan menyajikan media pembelajaran seperti contohnya video animasi yang edukatif. Dengan kondisi yang seperti sekarang ini, menuntut guru dan tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan skill dan kreativitasnya agar dapat menyediakan fasilitas serta kebutuhan anak dalam merealisasikan program pembelajaran daring yang optimal melalui media pembelajaran yang dapat menarik minat anak.

Sangat banyak tantangan untuk merealisasikan pembelajaran daring pada jenjang TK/PAUD, namun kini yang diperlukan  hanyalah  kerjasama antara orang tua dengan guru untuk dapat berinovasi dalam memanfaatkan media pembelajaran online serta menciptakan suasana pembelajaran di rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan.

Adapun media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai fasilitas yang inovatif selama pembelajaran daring yaitu salah satunya adalah video edukatif yang merupakan produk animasi yang dikemas dalam bentuk video, teks, dan audiovisual. Produk video edukatif tersebut dibuat pada aplikasi yang dapat diakses di laman Playstore, seperti aplikasi Canva, Inshot, VN, Kinemaster, Adobe Spark Post, dan aplikasi lainnya. Tidak hanya pembuatan video, pada aplikasi Canva dan Adobe Spark Post juga dapat membuat poster atau membuat bahan ajar berupa gambar animasi untuk Lembar Kegiatan Anak. Cara pembuatannya, tergantung kreativitas dan keahlian kita dalam mengoperasikan aplikasi tersebut, dan untuk lebih jelasnya tutorial pembuatan video edukatif dapat di akses pada laman Youtube. Disarankan untuk pemula dapat memakai aplikasi Canva atau Inshot yang sudah menyediakan beragam grafik, background serta animasinya untuk memudahkan kita menyatukan gambar-gambar yang dibutuhkan sesuai tema yang akan kita buat. Namun perlu digaris bawahi, dalam penayangan video animasi maupun video game yang diberikan pada anak tetap harus dalam pengawasan orang tua. Karena secanggih apapun teknologi tidak dapat menggantikan peran orang tua dan tenaga pendidik dalam mengawasi serta memilah asupan video yang nantinya akan dikonsumsi oleh anak.

Salah satu contoh video pembelajaran TK/PAUD bertema Binatang Ciptaan Allah SWT terdapat pada link berikut :

https://youtube.com/channel/UCY6U08_aTwMGu3JyJBx5FZQ

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun