Mohon tunggu...
Ajeng Ayu Wulaningtyas
Ajeng Ayu Wulaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 21107030021

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Serba-serbi Monumen Jogja Kembali

15 Juni 2022   07:59 Diperbarui: 15 Juni 2022   08:25 786 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Museum Monumen Jogja Kembali/Dokpri

Tidak lengkap rasanya ke Jogja jika belum mengunjungi museum-museum yang ada di Jogja. Selain melihat-lihat koleksi benda-benda bersejarah, dengan mengunjungi museum kita bisa memperkaya wawasan, lebih tau akan sejarah, dan menghargai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Yogyakarta pernah menjadi Ibukota sementara Negara Kesatuan Republik Indonesia saat agresi militer Belanda. Sehingga  banyak kisah bersejarah terjadi di Yogyakarta. Kompasianer bisa mengunjungi Monumen Jogja Kembali untuk menilik kembali kisah-kisah bersejarah bangsa Indonesia yang pernah terjadi di Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, saya akan mengajak kompasianer untuk jalan-jalan ke Museum Monumen Jogja Kembali. Yang pertama harus kompasianer tahu adalah jadwal dibukanya museum. Museum Monumen Jogja Kembali atau yang biasa disebut Monjali, buka dari hari Selasa -- Minggu dari pukul 08.00 -- 16.00 WIB. Berarti, pada hari Senin Monumen Jogja Kembali tutup.

Untuk lokasi Monjali berada di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kompasianer bisa mencari lokasinya di google maps untuk menuju kesana. Sebagai alternatif, kompasianer bisa naik TransJogja menuju monjali. Saya pun memilih untuk naik TransJogja karena lebih praktis dan lebih santai.

Dari halte TJ Urip Sumoharjo, saya naik bus rute 5B menuju halte terminal Jombor untuk kemudian transit ke bus dengan rute 2A. Dari rute bus 2A, saya turun di halte TJ Ring Road Utara (Monjali 1). Dari halte monjali 1 saya berjalan kaki kurang lebih 3 menit menuju Museum Monumen Jogja Kembali.

Saya masuk melalui pintu masuk barat monjali. Di pintu masuk, kompasianer silahkan membayar tiket masuk seharga Rp15.000 sekali masuk. Bisa cash maupun cashless. Karena uang cash yang saya bawa hanya sedikit, saya memilih cashless dengan menggunakan QRIS code.

Tiket masuk monjali/Dokpri
Tiket masuk monjali/Dokpri

Museum Monumen Jogja Kembali memiliki 3 lantai. Silahkan memulainya dari lantai pertama dahulu. Akan ada petunjuk arah yang akan mengarahkan kompasianer agar tidak bingung menuju lantai pertama.

Saat masuk ke lantai 1 monjali, saya terhenti karena ada yang menarik perhatian. Di ruang serbaguna ternyata sedang ada gladi untuk acara wisuda siswa-siswi MTSN 6 Sleman. Karena saya ingin menikmati setiap moment yang ada di monjali, saya berhenti dahulu dan ikut duduk untuk menonton pertunjukan tari yang disajikan oleh adik-adik dari MTSN 6 Sleman.

Siswa-Siswi MTSN 6 Sleman yang sedang melakukan gladi wisuda/Dokpri
Siswa-Siswi MTSN 6 Sleman yang sedang melakukan gladi wisuda/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan