Mohon tunggu...
Ajeng Ayu Wulaningtyas
Ajeng Ayu Wulaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 21107030021

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Jalan-Jalan Ke Malioboro Naik TransJogja

13 Juni 2022   17:24 Diperbarui: 13 Juni 2022   17:25 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halte TJ Urip Sumoharjo / Dokpri

Apa yang kompasianer pikirkan ketika mendengar kata Jogja? Gudeg, keraton, bakpia, tugu Jogja, titik 0 kilometer, dan tentunya Malioboro bukan? 

Jika kompasianer hendak berkunjung ke Malioboro, dan bingung mau kesana naik apa? Jangan khawatir, karena Jogja punya bus kota yang siap mengantar kompasianer ke Malioboro.

Hanya dengan tarif Rp3.500-, per orang, kompasianer sudah bisa jalan-jalan ke malioboro naik transjogja

Kali ini saya akan mengajak kompasianer untuk jalan-jalan ke malioboro dengan naik transjogja yang tentunya bisa kompasianer jadikan sebagai referensi jika ingin menjajal transportasi umum yang satu ini.

Saya berangkat sore hari, berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari kost tempat saya tinggal menuju halte transjogja terdekat yaitu halte TJ Urip Sumoharjo. Untuk mengetahui halte transiogja terdekat, kompasianer bisa mengeceknya di google maps. 

Selain itu, kompasianer juga bisa melihat halte atau tempat pemberhentian bus (TPB) terdekat, serta rute bus dari aplikasi TransJogja yang kompasianer bisa download di playstore. Karena aplikasi itu lebih update, lebih lengkap, dan lebih akurat.

Setelah sampai di halte, kompasianer akan ditanyai lokasi tujuan kemana oleh petugas yang berjaga. Lalu petugas akan mengarahkan untuk naik bus rute apa. Karena saya hendak ke Malioboro, jadi dari halte TJ Urip Sumoharjo saya akan naik bus rute 1A.

Untuk pembayaran, bisa cash maupun non cash. Karena saya sudah membuat kartu berlangganan transjogja yang saldonya bisa diisi ulang. Saya hanya membayar Rp2.700-, jika menggunakan kartu ini. Berbeda jika dengan cash yang harus membayar Rp3.500-,.

Mungkin karena saat itu weekend dan sore hari, jadi bus sangat penuh. Saya harus mengantre untuk naik bus. Karena saat saya tiba di halte pun sudah ada 5 orang yang menunggu. Akhirnya saya naik rute 1A di bus selanjutnya. Baru kali ini saya naik transjogja dengan kapasitas full penumpang. Karena sebelumnya, saat pertengahan pandemi. Transjogja masih longgar dan sepi.

Saya sarankan untuk menyediakan waktu yang cukup apabila ingin naik transjogja. Karena selain membutuhkan waktu untuk menunggu bus datang, saat sudah di dalam bus pun, bus akan sering berhenti di halte dan TPB rutenya untuk menurunkan dan menaikkan penumpang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun