Mohon tunggu...
Ajeng Ayu Wulaningtyas
Ajeng Ayu Wulaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 21107030021

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Nonton Film Gratis di Bioskop Sonobudoyo

12 Juni 2022   11:14 Diperbarui: 12 Juni 2022   11:28 669
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bioskop Sonobudoyo / Dokpri

Jogja memang tidak ada habisnya. Yakin deh, kalau berkesempatan liburan di Jogja tidak akan kehabisan referensi tempat wisata. Seperti pada kesempatan kali ini, saya mengunjungi salah satu wisata gratis di Jogja. Tepatnya di Bioskop Sonobudoyo, yang merupakan bagian dari Museum Sonobudoyo.

Jika ke bioskop, tak lain dan tak bukan, sudah pasti tujuannya untuk nonton film. Tapi di Bioskop Sonobudoyo ini bukan menayangkan film-film konvensional yang sering kompasianer tonton di XXI atupun CGV.

Film-film yang ditayangkan merupakan karya film asli putra daerah dari Yogyakarta. Mulai dari film fiksi yang mengedukasi, hingga film dokumenter yang akan menambah wawasan kita. Durasi filmnya pun rata-rata hanya berkisar 15-30 menit tiap filmnya.

Film yang akan ditayangkan / Dokpri
Film yang akan ditayangkan / Dokpri

Ini kali ke dua saya menonton film di Bioskop Sonobudoyo. Jika kompasianer juga ingin berkunjung ke Bioskop Sonobudoyo, caranya sangat mudah. Yang pertama kompasianer harus tahu adalah jadwal penayangan dan dibukanya Bioskop.

Bioskop Sonobudoyo dibuka setiap hari selasa-minggu pukul 16.00 -- 20.00 WIB. Dan ada 4 jam tayang tiap filmnya, yaitu pada pukul 16.00 WIB, 17.00 WIB, 19.00 WIB, dan 20.00 WIB. Kompasianer bisa memilih diantara jam tayang tersebut. Pastikan kompasianer datang sebelum jam tayang tersebut agar bisa menikmati film yang ditayangkan dari awal sampai akhir.

Setelah mengetahui dan menentukan akan menonton film pada jam tayang ke berapa. Kompasianer lansung datang saja ke lokasi Bioskop Sonobudoyo. Letaknya sangat mudah ditemukan. Dari arah titik 0 kilometer Jogja, kompasianer bisa berjalan ke arah selatan menuju alun-alun utara, lalu di sebelah kanan jalan kompasianer akan melihat bangunan yang bertuliskan "Bioskop Sonobudoyo".

Untuk kompasianer yang membawa kendaraan, kompasiner bisa memarkirkannya di lahan parkir Pos Indonesia yang letaknya tidak jauh dari Bioskop Sonobudoyo. Untuk motor biasanya tarif parkirnya Rp3000-,. Karena saat itu saya tidak membawa kendaraan, saya tidak perlu bingung mencari tempat parkir.

Saat masuk ke Bioskop Sonobudoyo, kompasianer akan diarahkan oleh staff yang bertugas. Pertama, kompasianer akan diminta untuk mengecek suhu tubuh, setelah dipastikan suhu tubuh normal, kompasianer dipersilahkan masuk. Setelah itu, siapkan juga aplikasi peduli lingdungi. Karena setiap pengunjung wajib untuk check in menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah check in melalui aplikasi peduli lindungi, kompasianer akan diminta untuk mengisi formulir kunjungan online. Jika kesulitan, silahkan meminta bantuan staff yang bertugas. Jika pengunjung Bioskop Sonobudoyo cukup ramai, pengisian formulir kunjungan akan dibantu oleh staff yang bertugas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun