Mohon tunggu...
Ajeng NurAkmalia
Ajeng NurAkmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan UMKM Almahyra Label dengan Media Sosial sebagai Alternatif Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19

29 Juli 2021   16:42 Diperbarui: 29 Juli 2021   16:45 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan UMKM Almahyra Label dengan Media Sosial sebagai Alternatif Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tepat 1 tahun nya kasus Covid-19 ini di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2021 kemarin . seperti yang kita ketahui bahwa kasus covid ini telah melanda Indonesia sejak tahun 2020 kemarin yang berawal dari negeri Wuhan China . dikutip dari laman https://covid19.go.id/ kasus covid yang terkonfirmasi di Indonesia ini tercatat 3.287.727 orang kasus positif,sedangkan pasien sembuh sebanyak 2.640.676 orang   dan sebanyak 88.659 orang meninggal karena Panemi ini.

Pandemi covid-29 ini melanda seluruh dunia bahkan Indonesia sendiri sudah menjadi negara terbanyak yang terinfeksi kasus Covid-19 ini, sehingga menyebabkan masyarakat menjadi kepanikan dan kegelisahan serta membawa damak buruk bagi masyarakat, sehingga untuk saat ini  pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan PPKM dimana seluruh masyarakat untuk melakukan semua kegiatan di dalam rumah yang di sebut dengan WFO (Work From Home) atau bahkan melakukan sekolah dengan daring pula . 

tidak sedikit kemungkinan bahwa banyak pula orang-orang yang terkena dampak PHK di suatu perusahaan yang mengakibatkan banyaknya masyarakat yang membuka usaha nya masing-masing , tetapi tidak banyak pula yang dapat membuka usaha tersebut dengan lancar sehingga tetap saja mengakibatkan keresahan terhadap masyarakat.

Sehingga , dalam hal ini masyarakat perlu bekerjasama dengan pemerintah untuk memulihkan kembali dampak dari covid-19 ini . Universitas Pendidikan Indonesia berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan Dampak Covid-19 ini .

Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia ini yaitu melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang di lakukan oleh Mahasiswa sebagai wadah untuk pembelajaran dan khususnya pengabdian terhadap Masyarakat.

Dampak yang utama yang dirasakan oleh seluruh masyarakat yaitu menurunya sistem perekonomian. Dengan Tema Kuiah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI dalam membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi  di masa pandemi covid-19 ini maka kegiatan ini berfokus pada pendidikan dan ekonomi khususnya berguna membantu memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak covid-19 .

Dalam hal tersebut program KKN Tematik ini melakukan pendampingan terhadap suatu UMKM Almahyra Label yang berlokasi di Desa Padasuka Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. pendampingan ini dilakukan secara daring dengan membantu UMKM Almahyra label inimengenalkan sosial media sebagai bahan untuk pemasaran misalnya Shopee, Instagram, Tiktok dsbg.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu membuat logo yang tepat untuk UMKM tersebut , lalu mengenalkan sosial media untuk membuat suatu akun untuk memasaran produk yang akan dijual . setelah itu mendampingi untuk membuat foto dan vidio oleh model yang bagus untu di posting sehingga nantinya dapat menarik perhatian pembeli.

Seluruh Kegiatan KKN tersebut guna mendampingi penjual agar dapat memulihkan kembali perekonomian nya yang sempat turun akibat dari dampak Covid-19 ini

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN