Mohon tunggu...
Aisyah Supernova
Aisyah Supernova Mohon Tunggu... Konsultan - man purposes God disposes - ssu

Muslimah | Your Future Sociopreneur ! | Islamic Economic Science Bachelor | Islamic World, Innovation, Technology and Entrepreneurship Enthusiast | Sharing, Writing and Caring Addict | Because i want to see my God one day. It's my ultimate goal...!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gak Usah Perhitungan Sama Pedagang Kaki Lima dan UMKM

18 November 2022   04:09 Diperbarui: 18 November 2022   04:16 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ada gak diantara lu yang pernah ngerasain dagang di pinggir jalan dan jadi pramusaji atau waitress? gua, pernah. Kedua pengalaman itu menurut gua sangat berkesan dan bermanfaat banget bagi gua karena merubah banyak prespektif diri. 

Pas kuliah gua pernah jualan nasi uduk sama sahabat gua di depan jalan raya deket rumah. Gua baru tau kalo ternyata persiapan dagang nasi uduk itu lumayan ribet dan lama juga. 

Gua kan kerjanya bantu-bantuin doang ya karena sahabat gua ini yang masak dan dia yang ngerti. Mesti belanja dari malam, ngasih santen ke berasnya, nyiapin printilan lauk dan bawa-bawa rempong ke depan buat dagang. Siapin meja, kursi, toples kerupuk, baskom nasi, kertas nasi dan hal lainnya di pagi hari dan udah ready di saat jam-jam orang mulai keluar rumah untuk kerja, anter anak sekolah dan keperluan lainnya.

Pas jadi waitress, gue kerja part time dan weekend doang di salah satu cafe daerah Tangsel yang suka rame banget pas Sabtu dan Ahad karena ada wahana berkuda juga di sana. Tempatnya cozy banget jadi keluarga dan anak muda banyak gua liat di sana. 

Hidangannya juga harganya itungannya lumayan, gak murah dan gak mahal banget juga. Gua catat pesanan, nganterin sajian dan ngangkat piring dan gelas kotor. Duitnya waktu itu bagi gua yang masih 20 tahunan lumayan, sehari sekitar 100 ribu. Tapi beuh cape banget coy. Dari pagi sampe sore dan kalo shift siang sampe malem. Rasanya kaki gua kebas, kaya mau copot wkwk. Pegel yang udah kaya bertingkat-tingkat sampe capeknya tuh kaya udah next level gitu deh wkwk. 

Belum lagi pengalaman gua gak sengaja mecahin piring apa gelas gitu pas ngangkat dari piring konsumen yang ngeselin gitu karena berasa ngebos. Gua jadi paham dan bertekad gak mau bersikap belagu walaupun gua berkecukupan atau menengah keatas perekonomian gua ke orang lain. Rasanya gak enak banget digituin ternyata ya. 

Menurut gua orang yang gak bisa menghargai orang lain itu kurang pergaulan. Karena kenyataannya banyak orang yang super kaya tapi humble karena dia juga paham bagaimana memperlakukan sesama manusia dan gak ngerasa besar kepala karena harta yang juga sebenarnya titipan Yang Di Atas.

Gua juga pernah jualan pot dan media tanam di depan jalanan rumah selama beberapa bulan pas pandemi dan juga di pasar pagi pas weekend. Rasanya capek juga karena semobil pot-potnya mesti dibawa, dibawa sambil bolak-balik berkali-kali, bersihin kalo potnya kena debu dan kotor dan untungnya gak seberapa paling berapa ribu perak per pcsnya. 

Dari beberapa proses di hidup gue ini, gue jadi menanamkan di diri gue, untuk gak usah perhitungan sama pedagang kaki lima dan UMKM. Karena effort mereka itu juga belum tentu sebanding dengan margin atau untung mereka yang masih wajar harganya. 

Dulu waktu gue masih polos, gue pernah mikir, ko orang mau aja sih beli ayam geprek misalnya, harganya 15 ribu seporsi. Kan kalo modal sendiri cuma 5 ribuan paling nasi, tepung, minyak dan ayamnya. Tapi ternyata setelah ngalamin jualan dan jadi waitress, gue tau bahwa bahkan untuk seorang entrepreneur bisa buka usahanya misal kuliner, itu dia mesti butuh melewati berbagai proses. 

Misal trial eror masak, bahan makanan, nyari tempat yang pas sama budgetnya, hire karyawan dan lainnya. Jadi wajar ajalah kalo dia dapet untung, karena usahanya yang gak keliatan oleh costumers itu adalah kelayakan bagi mereka untuk menerima untung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun