Mohon tunggu...
Aisya Tjahja
Aisya Tjahja Mohon Tunggu... Mahasiswa - masih belajar

words are free

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Covid 19 Melonjak Lagi, Apa yang Harus Kita Lakukan?

28 Juni 2021   22:50 Diperbarui: 10 Juli 2021   01:16 48 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid 19 Melonjak Lagi, Apa yang Harus Kita Lakukan?
sumber: unicef.org

Beberapa waktu lalu, wabah covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik. Namun, kelihatannya dengan situasi yang 'mulai membaik' ini, membuat beberapa warga mulai menyepelekan dan mengabaikan protokol kesehatan. Sering dijumpai warga yang tidak lagi memakai masker ke luar rumah, tidak menjaga jarak, dan melupakan pentingnya cuci tangan. 

Padahal, cuci tangan memakai sabun memiliki peranan penting dalam mencegah tumbuhnya virus pada tubuh kita. Ingat, sabun dapat menghilangkan virus (bisa menghancurkan struktur virus). Cukup miris, sekarang angka covid-19 di Indonesia naik lagi dan semakin banyak memakan korban jiwa. Sudah banyak dokter dan nakes yang gugur dalam memerangi covid-19, juga banyak sekali keluarga yang kehilangan orang tercintanya akibat virus ini. Semoga itu semua cukup untuk menyadarkan kita supaya tetap mawas diri dan menerapkan protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Lalu, apa langkah terbaik yang harus kita lakukan dalam situasi seperti ini? Yuk, diskusikan bersama.

1. Jangan lupa mengenakan masker saat keluar rumah

Virus mudah sekali menyebar. Nah, mulut termasuk salah satu dari tiga pintu masuknya virus ke dalam tubuh kita (mata, hidung, dan mulut). Oleh karena itu, sebagai upaya pencegahan virus, kita dapat berantisipasi dengan menggunakan masker. Menggunakan masker dapat membantu melindungi diri sendiri dan juga orang lain.

2. Setelah keluar rumah, segeralah cuci tangan dan ganti baju

Kuman dan virus yang berkeliaran di ruang terbuka dapat menempel dimana pun, termasuk di pakaian yang kita kenakan. Setelah bepergian keluar rumah, kita jangan lupa untuk segera berganti baju sebelum merebahkan diri ke kasur, sofa, atau spot lainnya agar kuman dan virus tidak menempel ke tempat yang ada di dalam rumah kita.

3. Tetap menjaga jarak dan hindari kerumunan

Menghindari kerumunan dapat dilakukan dengan cara WFH (Work From Home), sistem pembelajaran daring, dan lainnya. Selain itu, kita dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru di rumah, untuk lebih lengkapnya akan aku jelaskan di bawah, yaa!

4. Banyak minum air putih

Kunci untuk terhindar dari virus covid-19 yaitu menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat ke dalam kehidupan sehari-hari. Menghindari dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sesuai dengan panduan yang diberikan Kementerian Kesehatan RI merupakan suatu upaya dalam menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan meminum air putih, diantaranya meningkatkan metabolisme tubuh, menghilangkan racun yang ada dalam tubuh, memberikan ketenangan, mencegah dehidrasi, dan masih banyak lagi.

5. Minum vitamin untuk meningkatkan imun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x